8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Nyetir di Jalan Bebas Hambatan

Panduan Pembeli

8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Nyetir di Jalan Bebas Hambatan

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Mobil123 telah membahas mengenai persiapan untuk melalui jalan bebas hambatan. Kini, saatnya kita untuk membahas tips untuk mengemudi di jalan bebas hambatan.

Berikut tips mengemudi saat di jalan bebas hambatan mengutip theaa.

1. Pastikan Anda untuk menjaga jarak kendaraan. Jarak aman kendaraan adalah sekitar 100 meter atau jika dalam hitungan waktu maka 3 hingga 4 detik. Jarak ini memberi Anda ruang dan waktu untuk bereaksi dalam kondisi darurat.

2. Sesuaikan kondisi jalan. Jika kondisi jalan hujan dengan jarak pandang rendah, jangan paksakan untuk berada di kecepatan tinggi. Kurangi kecepatan kendaraan dan nyalakan lampu utama jika perlu.

3. Kendalikan kecepatan kendaraan. Ngebut bukan berarti Anda jago mengemudi melainkan jika Anda bisa mengendalikan kecepatan mobil tanpa menggangu kendaraan lain dan anda selamat sampai tujuan, itu baru namanya jago.

4. Pastikan menyalakan lampu sein ketika berganti jalur. Ini banyak dilupakan saat mengemudi di jalan bebas hambatan dan sukses menyebabkan banyak kecelakaan.

5. Jangan menyalip ataupun mengemudi di bahu jalan. Bahu jalan hanya untuk kondisi darurat.

6. Perhatikan kondisi jalan dibelakang melalui kaca spion. Kondisi di jalan bebas hambatan sering kali berubah, pastikan tahu kondisi jalan di sekeliling kendaraan, termasuk kondisi di belakang.

7. Waspadalah  dengan truk dan kendaraan besar lainnya. Kendaraan besar memiliki kecenderungan bereaksi lebih lambat dan memiliki blind spot yang lebih banyak ketimbang dengan mobil penumpang.

8. Selalu siap terhadap apa yang ada di depan Anda. Lihatlah 2 detik di depan, 4 detik di depan hingga 12 detik di depan dan pastikan jjuga tetap waspada terhadap kondisi di bekalang. (Adi/Ikh)

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual