7 Kewajiban Penumpang yang Baik

Panduan Pembeli

7 Kewajiban Penumpang yang Baik

JAKARTA – Mengemudi secara selamat memang tanggung jawab sang pengemudi. Namun, bukan berarti penumpang tidak memiliki tanggung jawab apapun dalam menciptakan keselamatan dalam berkendara

. Lantas, bagaimana untuk menjadi penumpang yang baik dan benar? Berikut adalah ulasannya:

  1. Gunakan sabuk keselamatan setiap saat. Jangan sampai sang pengemudi terkena tilang hanya karena penumpang tidak menggunakan seatbelt. Tidak menggunakannya berarti bersiaplah untuk cedera.
  2. Jadilah ‘co-pilot’ yang baik. Contohnya adalah dengan mendukung pengemudi memastikan bahwa penumpang lainnya bertindak secara wajar di dalam mobil, membantu kala mencari jalan hingga menjaga volume radio tetap pada level wajar.
  3. Menjaga agar semua interaksi yang terjadi pada tingkat wajar. Semakin banyak orang di mobil, semakin banyak pula hal berpotensi menggangu kensentrasi pengemudi seperti penggunaan Ponsel hingga percakapan sesama penumpang.
  4. Jika penumpang juga berkonsentrasi pada jalan, maka ia juga akan mengetahui waktu-waktu pengemudi membutuhkan konsentrasi lebih. Penumpang bisa membantu meningkatkan fokus pengemudi dengan cara menghentikan percakapan atau menurunkan volume sistem audio kendaraan.
  5. Penumpang bisa memberitahu pengendara bahwa di depan ada bahaya. Beritahu tapi jangan berteriak, memegang kemudi ataupun mengaktifkan rem parkir.
  6. Jangan menyalakan lampu kabin saat berkendara malam. Menyalakan lampu dalam kabin saat mengemudi malam dapat memengaruhi jarak pandang pengemudi.
  7. Jangan menjadi supir tanpa kemudi. Anda bisa memberi masukan cara mengemdi sang pengemudi, tapi jangan memberi komentar negatif terhadap mereka, khususnya bagi pengemudi yang kurang pengalaman. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual