7 Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Berita Otomotif

7 Cara Memilih Asuransi Kendaraan

JAKARTA – Adira Insurance punya 7 cara terbaik untuk memilih asuransi kendaraan.

Memilih asuransi tepat bukanlah perkara mudahalah. Salah sedikit, bukannya mendapat bantuan malah mendapat masalah.

Memiliki asuransi, khususnya asuransi kecelakaan memang cukup penting apalagi bila melihat tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Dengan memiliki asuransi mobil, apabila ada musibah yang menimpa Anda, maka kerugian dapat diminimalisir.

Lantas bagaimana memilih asuransi yang tepat? Adira Insurance pun merangkum tujuh langkah untuk memilih asuransi yang tepat. Dan berikut adalah kumpulannya.

1.    Sesuaikan dengan kebutuhan
Umumnya asuransi mobil memiliki dua jenis seperti asuransi all risk dan asuransi total loss only (TLO).

Asuransi all risk memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) memberikan Jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh mobil kebakaran, mobil mengalami kecelakaan.

2.    Harus perusahaan yang terpercaya
Agar merasa aman terhadap perusahaan asuransi yang dipilih, pastikan perusahaan tersebut memang sudah diakui oleh lembaga tertentu. Lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keungan).

3.    Kejelasan dari isi polis
Polis harus menjelaskan secara terperinci hal-hal apa saja yang dicover, tidak dicover hingga menjadi perluasan. Tidak hanya dijelaskan dalam polis, tapi pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih.

4.    Proses klaim yang mudah
Saat pelanggan mengajukan klaim pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan banyak kemudahan. Salah satunya pelanggan dapat melakukan klaim via aplikasi dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan mobil, isi data pribadi dan memilih waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel.

5.    Jaringan bengkel yang tersebar
Pastikan perusahaan asuransi memiliki jaringan bengkel yang luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan yang luas akan memberi Anda kemudahan untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki mobil.

6.    Tersedianya layanan konsumen 24 jam
Pastikan asuransi menyediakan layanan konsumen 24 jam. Kapanpun Anda mengalami musibah seperti kecelakaan, layanan konsumen akan siap membantu

7.    Jangan tergiur dengan harga premi murah
Saat ini OJK telah melakukan standarisasi harga premi terhadap perusahaan asuransi yang terdaftar. Jadi jangan tergiur dengan harga premi yang murah. Teliti dulu apakah dengan harga premi yang murah akan berpengaruh saat pengajuan klaim. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual