7 Alasan Kenapa Orang Jual Mobil

Berita Otomotif

7 Alasan Kenapa Orang Jual Mobil

JAKARTA - Dalam rentang waktu beberapa tahun, banyak pemilik kendaraan memilih untuk melepas kendaraan kesayangan mereka dengan sejumlah alasan. Dan ternyata, bila ditilik lebih dalam.

Menurut beberapa pabrikan, orang-orang Indonesia memiliki kebiasaan mengganti mobil di antara 3-5 tahun sejak mereka memilikinya dengan sejumlah alasan dan argumen.

Berikut alasan-alasan yang biasa tercetus ketika orang jual mobil:

  1. Naik kelas. Naik kelas di sini bisa diartikan beberapa hal. Pertama adalah si pemilik ingin menggunakan mobil dengan tingkat brand dan harga yang lebih tinggi dari mobil mereka gunakan saat ini. Atau bisa pula dia menginginkan mobil dengan fitur lebih lengkap untuk menemaninya berkendara. Bisa juga dia mau melepas mobil karena ingin mobil lebih berkelas.
  2. Usia uzur. Waktu terus berlalu dan pemilik kendaraan tentu ingin tetap 'update.' Di kondisi ini, dia ingin mobil terkini atau paling tidak mobil yang dibelinya lebih muda. 
  3. Kebutuhan. Ketika belum menikah, kebanyakan konsumen mungkin akan memilih mobil mungil seperti city car dan hatchback. Tapi ketika sudah punya anak atau banyak keperluan, mobil kecil tentu tidak lagi sanggup menemani. Di sinilah saatnya konsumen ganti mobil. Jadi, pilihlah mobil dengan bijak sesuai kebutuhan, bukan hanya sekedar keinginan.
  4. Bosan. Ini mungkin alasan paling klise dari semua alasan, tapi pada kenyataannya sering terucap ketika seseorang hendak melepas kendaraan mereka. Ketika telah beberapa tahun 'berkencan' dengan sebuah mobil, pemilik kadang merasa jenuh dan ingin sesuatu yang baru. Mobil sering kali menjadi sasaran. Biasanya, pemilik jenis ini mengganti mobil dengan model sejenis atau lain.
  5. Efisiensi. Di tengah ekonomi saat ini yang lesu dengan harga kebutuhan pokok yang tidak bisa dibilang murah, konsumen yang cerdas terkadang menghitung dengan detail setiap pengeluaran mereka. Di kondisi ini, pemilik terkadang ingin mengganti mobil mereka dengan mobil lain yang mampu menampilkan tingkat efisiensi bahan bakar lebih baik. Mobil dengan mesin berkapasitas kecil atau mesin diesel bisa jadi pilihan.
  6. Isu mekanikal. Semakin bertambahnya umur kendaraan membuat potensi masalah di kendaraan makin besar. Terkadang, ada pemilik yang tidak mau repot dengan isu-isu mekanikal dan lebih memilih melepas mobil mereka sebelum, ketika atau sesudah isu-isu mekanikal menerpa.
  7. Butuh dana. Dari banyak aset yang dimiliki kebanyakan orang, mobil adalah salah satu aset yang liquid atau mudah dicairkan. Inilah yang membuat mobil terkadang menjadi pilihan pertama untuk dilepas ketika seseorang terlibat masalah keuangan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual