6 Tips Sebelum Mengemudi di Jalan Bebas Hambatan

Panduan Pembeli

6 Tips Sebelum Mengemudi di Jalan Bebas Hambatan

JAKARTA -  Meski sepintas mudah, namun mengemudi di jalan bebas hambatan bukanlah perkara gampang. Jalan bebas hambatan memiliki beberapa peraturan ketat, namun banyak pengemudi melanggarnya misalkan dengan melampaui batas kecepatan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan melalui jalan bebas hambatan.

Berikut sedikit tips untuk anda sebelum Anda melalui jalan bebas hambatan:

Pertama, pastikan Anda telah memeriksa oli, minyak rem, tekanan ban, wiper dan cairan pembersih kendaraan. Kegiatan ini adalah kegiatan standar yang seharusnya dilakukan sebelum melakukan berpergian. Namun kegiatan ini semakin tinggi nilainya sebelum melalui jalan bebas hambatan mengingat kecepatan yang akan diraih lebih tinggi dan menyebabkan mobil mudah panas.

Kedua, jika Anda berkendara jauh, pastikan Anda beristirahat selama 15 menit dalam 2 jam. Ini untuk menghindari hilangnya konsentrasi saat anda mengemudi.

Ketiga, pastikan Anda tahu di mana Anda harus berbelok. Ingat, mengemudi bukanlah pekerjaan paruh waktu yang mengijinkan Anda untuk ‘meleng’ guna melihat peta.

Keempat, simpan barang-barang bawaan Anda dalam kondisi aman. Jangan sampai ketika Anda harus menekan pedal rem secara mendadak, barang-barang Anda berjatuhan dan justru menggangu Anda.

Kelima, atur jam perjalanan Anda. Usahakan untuk tidak mengemudi di larut malam atau jam-jam sibuk. Selain untuk menghindari kemacetan, mengemudi di malam hari juga menuntut konsentrasi lebih tinggi.

Keenam, jangan lupa untuk memastikan peralatan darurat seperti dongkrak, lampu cadangan, nomor telepon darurat sudah lengkap.

Jika keenam poin tersebut sudah anda pahami, maka Anda siap untuk melanjutkan perjalanan di jalan bebas hambatan. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual