6 Reasons Why We Still Love Mitsubishi Triton

Mobil Baru

6 Reasons Why We Still Love Mitsubishi Triton

TANGERANG - Mitsubishi Triton 2016 resmi mendarat di Indonesia setelah sebelumnya menyapa Thailand. Generasi kelima penguasa pasar 4x4 ini kembali hadir dengan eksterior yang lebih gagah, interior nyaman dan segudang keunggulan lain.

Ada banyak alasan kenapa Mitsubishi Triton masih dicintai.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Mitsubishi Triton lahir dengan harga mulai dari Rp 289 juta. Sejak diluncurkan pada 2002, model ini langsung disambut hangat oleh pasar dan terhitung mendulang kesuksesan.

Inilah yang membuat Mitsubishi meluncurkan “Strada Triton” di tahun 2007 yang hingga saat ini menjadi market leader di kelas Pick Up 4x4 dan populasinya telah mencapai 50.000 unit di seluruh Indonesia.

Berikut beberapa alasan kenapa All New Triton pantas dicintai.

Eksterior
Sebagai sebuah kendaraan segala medan, aura gagah langsung terpancar hanya sekilas saja mata memandang. Namun, kesan gagah itu tetap enak dipandang dengan balutan kesan modern yang sporty dan dinamis.

Ada beberapa perubahan pada eksterior di All New Triton. Di bagian depan hadir perubahan pada New Head Lamp Design, New Grille Design with Chrome, Front Fog Lamp (with bezel – tipe Exceed), Door Mirror and Turn Signal Lamp (Auto Folding - Exceed), Flat Blade Wiper, Short Type Antenna (tipe Exceed & GLS) dan Alloy Whell 265/70 R16 (tipe Exceed & GLS) atau Alloy Whell 245/75 RMT (tipe HDX).

Sedangkan ubahan pada bagian lainnya antara lainnya, Wide Fender (tipe Exceed), Side Foot Steep (tipe Exceed), Chrome Door Handle (Exceed & GLS) Rear Combination Lamp design, Rear Foot Stop Design (tipe Exceed) dan Chrome Rear Door Handle with High Mount Stop Lamp (Exceed & GLS).

Eksterior All new Triton juga telah mengusung desain J-Line, sehingga selain lebih sporty dan modern, namun diklaim sanggup memberikan kemampuan manuver lebih baik (turning radius kecil) dengan kabin yang tetap luas, serta posisi duduk penumpang belakang lebih nyaman.

Selain itu, sektor eksterior ini juga memiliki design yang Aerodinamis sehingga kendaraan dapat dilewati aliran udara dengan baik dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.

Bentuk bumper juga telah dimodifikasi, menghasilkan performa water screen yang lebih baik dari model sebelumnya untuk mengurangi cipratan air di kaca depan agar visibilitas mengemudi lebih baik dan lebih aman ketika melewati genangan air.

Interior
Urusan kenyamanan merupakan salah satu fokus utama Mitsubishi. Karena meski all-new Triton adalah sebuah mobil pick-up, Mitsubishi ingin memberikan kenyamanan khas mobil penumpang untuk pengendara dan para penumpang.

Itu sebabnya mobil ini hadir dengan kabin lebih luas dan nyaman dengan Leg room yang lebih pajang di kelasnya. Pengendara juga disebut lebih mudah saat berada dibalik kemudi. Kenyamanan makin meningkat berkat pengembangan Auto Air Conditioner.

All New Triton juga mengalami perubahan menjadi lebih mewah, terutama di bagian instrumen panel. Tilt and telescopic steering juga hadir. Selain dapat diatur naik turun, piranti ini kini juga dapat diatur maju-mundur sesuai keinginan untuk mengemudi

Beberapa perubahan baru lain diantaranya Piano Black Panel Design (tipe Exceed & GLS), Transmision Sport Mode With Easy Select 4WD Dial Mode (Exceed AT), Leather Seat (EXceed), Hi Grde Fabric (GLS), Vinyl (HDX), Arm Rest pada kursi baris kedua (Exceed & GLS), Auto Up Power Window (Exceed & GLS) dan Electric Mirror Exceed & GLS.

Menariknya, terdapat hidden space atau tempat tersembunyi untuk penyimpanan yang terletak dibagian jok belakang (varian double cabin). Semua varian All New Triton juga telah dilengkapi dengan Glove Box serta Center Console.

Ruang Kargo
Sebagai sebuah pick-up, keunggulan Triton adalah pada kemampuannya membawa kargo. Untuk itu, bagian kargo atau bak belakang Triton mengalami pengembangan, baik sisi panjang maupun tinggi untuk mengoptimalkan volume muatan.

Secara keseluruhan, panjang bertambah 195 mm menjadi 1.520 mm (D/C) dan bertambah 45 mm menjadi 2.265 mm (S/C). Sedangkan tingginya bertambah 70 menjadi 475 mm.

Mesin
Penggunaan Mesin Legendaris 4D56 2.5L DI-D Commonrail dengan Turbocharger seluruh varian menggunakan mesin 4D56 2.5L DI-D Commonrail dengan Turbocharger.

Mesin 4D56 adalah mesin diesel legendaris yang sudah terbukti dan teruji ketangguhannya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal, peningkatan output torsi dan akselerasi dengan konsumsi bahan bakar yang tetap efisien.

Di varian Exceed A/T, terdapat penyempurnaan di bagian torsi sehingga menjadi lebih besar dan memiliki kemampuan off road yang sama dengan varian Exceed M/T.

Pada varian Double Cabin Exceed (A/T & M/T) kekuatannya sudah mencapai 178 PS di 4.000 rpm dengan torsi 40.8 kg.m di 2.000 rpm, naik dari torsi sebelumnya, 35.7 kg.m di 1.800 – 3.500 rpm.

Sedangkan pada varian Double Cabin & Single Cabin HDX, kekuatannya meningkat dari 97 PS di 4.000 rpm dengan torsi 20.2 kg.m pada 2.000 rpm menjadi 110 PS di 4.000 rpm dan 20.4 kg.m pada 1.500 – 3.500 rpm.

Teknologi Mitsubishi yang sudah teruji dalam ketangguhannya pun kembali diterapkan dalam Mitsubishi All New Triton.

Ada turbocharger yang bekerja memanfaatkan gas buang mesin sehingga udara yang masuk ke ruang bakar lebih optimal, Variable Geometry Turbo (VGT) yang pada RPM rendah, sirip dalam VGT menutup dan gas buang memutar turbin lebih cepat. Pada RPM tinggi, volume gas buang akan padat dan mengurangi tekanan balik gas buang dan menjaga kecepatan turbin

Ada pula intercooler yang mendinginkan temperatur udara yang masuk melalui turbocharger ke ruang bakar sehingga pembakaran lebih sempurna.

Suspensi dan Struktur Body

Demi performa maksimal, kehandalan, stabilitas, dan kenyamanan ketika dikendarai, Mitsubishi All New Triton mengalami penyempurnaan pada sistem suspensi, terutama ketika melewati medan offroad.

Suspensi depan menggunakan sistem suspensi Independent Wishbone, Coil Spring, dan Telescopic Shock Absorber. Suspensi depan ini mengalami pengembangan diameter stabilizer bar lebih besar dan spring lebih kuat sehingga lebih mudah melewati medan berat dan meredam guncangan.

Sedangkan suspensi belakang menggunakan Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber yang lebih kuat menahan beban ketika banyak muatan.

Ada pula penguatan rangka ruang mesin dengan penyambungan beberapa frame pada bagian depan (ruang mesin) sehingga bodi semakin kuat dan penyaluran gaya yang lebih baik saat terjadi benturan.

Sementara skid plate dipertebal sehingga memberi perlindungan lebih pada bagian bawah kendaraan saat melewati medan berat. Dan volume rubber pada body mounting bertambah 119% dari sebelumnya sehingga lebih tahan terhada pguncangan karena dapat menyerap getaran lebih baik.

Fitur Keselamatan
Meski ini adalah sebuah pick-up yang bertugas di medan ganas, tak berarti Mitsubishi lupa memberi piranti-piranti keselamatan layaknya mobil penumpang.

Pada sistem keamanan aktif ada Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution (ABS-EBD) untuk varian Exceed dan GLS.

ABS adalah sebuah teknologi yang ada di sistem pengereman dan mampu mencegah roda terkunci jika terjadi pengereman secara mendadak.

Sedangkan EBD merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk mengatur distribusi tekanan/gaya pengereman secara proporsional ke semua roda  berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, beban, dll sehingga pengereman lebih efektif.

Untuk varian HDX ada LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) yang merupakan sebuah sistem yang bekerja secara mekanikal untuk mengatur efektivitas rem karena adanya perubahan beban.

LSPV mengoptimalkan kerja rem antara rem depan dengan rem belakang sesuai dengan beban kendaraan sehingga pengereman lebih efektif.

Sementara untuk sitem keamanan pasif ada RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body yang merupakan sistem keamanan pasif yang dapat menyerap energi benturan untuk melindungi penumpang.

Chassis juga dilengkapi dengan Collision Energy Absorbing Joints untuk menyerap energi benturan

Di dalam kabin, Seluruh varian All New Triton telah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag. Ada Collapsible Steering Column yang merupakan sebuah sistem keamanan yang memungkinkan steering column terlipat kedalam ketika terjadi benturan dan Immobilizer (khusus tipe exceed) sebagai anti theft system, dimana mesin kendaraan hanya bisa dihidupkan ketika kode verifikasi yang tepat telah dikirimkan oleh transmitter. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support