6 Langkah Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Panduan Pembeli

6 Langkah Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

JAKARTA – Membeli mobil yang salah dan tidak sesuai kebutuhan justru akan mendatangkan lebih banyak mudarat dibanding faedahnya.

Memilih dan kemudian memutuskan untuk membeli mobil bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Lantas bagaimana cara agar terhindar dari salah beli kendaraan?

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dijadikan pegangan untuk membeli mobil sesuai kebutuhan.

Tentukan kebutuhan
Dalam hidup, manusia akan harus menentukan memenuhi kebutuhan atau keinginan. Dalam memilih mobil, pastikan Anda paham kebutuhan yang harus dipenuhi.

Coba tulis kebutuhan dari sebuah mobil di selembar kertas. Dengan mengikuti daftar, maka pilihan mobil dapat dipersempit. Bila Anda sudah berkeluarga, memilih MPV adalah sebuah pilihan bijak, namun bila masih lajang, mobil kecil mungkin adalah pilihan yang baik.

Tentukan budget
Kecuali Anda adalah orang yang bingung cara menghabiskan uang secara cepat, maka menentukan budget maksimal kendaraan harus menjadi bagian dalam pertimbangan. Bila membeli mobil secara cash, maka pastikan Anda masih memiliki sisa uang di saldo.

Bila membeli secara kredit, maka pastikan anda mampu membayar angsurannya. Usahakan pula untuk menghindari membeli kendaraan secara kredit dengan tenor 60 bulan karena bunganya terbilang tinggi.

Lakukan perbandingan
Bila sudah mendapatkan beberapa pilihan kendaraan yang dirasa cocok, lakukan perbandingan mulai dari fitur, harga dan sebagainya. Untuk memudahkan, gunakan fitur ‘Bandingkan’ yang ada pada website Mobil123.com. Dengan fitur tersebut maka akan muncul harga hingga spesifikasi sehingga memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

Melihat hasil review di internet
Umumnya media diundang untuk merasakan langsung mobil-mobil baru, maka tidak ada salahnya untuk membaca atau menonton review-review tulisan yang mereka buat. Di Mobil123 sendiri ada halaman dan youtube khusus untuk memberikan pandangan akurat terkait kendaraan.

Test drive
Anggaplah dari perbandingan yang sudah dilakukan Anda menemukan tiga mobil terbaik. Maka cobalah ketiga mobil tersebut satu per satu. Usahakan semaksimal mungkin untuk mencoba ketiganya di hari yang sama sehingga Anda masih bisa membandingkannya dengan lebih objektif.

Analisis seluruh hasil
Setelah melakukan semua hal tersebut, pastikan anda melakukan analisis terkait keunggulan dan kekurangan masing-masing kendaraan. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual