6 Inovasi GM yang Tak Berhubungan dengan Mobil

Berita Otomotif

6 Inovasi GM yang Tak Berhubungan dengan Mobil

BANGKOK - Banyak perusahaan otomotif melakukan inovasi pada setiap mobil yang akan dijual. Tujuannya untuk membatu aktivitas pengendara.

Namun nyatanya beberapa produsen mobil yang melakukan inovasi nyeleneh, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan pengembangan mobil di masa depan, termasuk  General Motors.

GM setidaknya punya enam inovasi unik yang diakui tak ada hubungan spesial dengan mobil. Inovasi itu justru tidak bisa digunakan pada mobil dan faktanya di luar dugaan banyak orang.

Apa saja? Berikit rangkumannya.

Meresmikan Sloan Kettering Institute pada 1945
Pada tahun 1940, dua eksekutif General Motors Alfred P Sloan dan Charles F Kettering setuju untuk mendirikan Sloan Kettering Institute (SKI), yang sejak itu menjadi salah satu lembaga penelitian biomedis terkemuka. Pada tahun 1960, perusahaan baru dengan kegiatan khusus - Memorial Sloan Kettering Cancer Center - dibentuk untuk mengoordinasikan dan membimbing kebijakan keseluruhan untuk Memorial Hospital dan Sloan Kettering Institute.

Perusahaan ini untuk mengimbangi aktivitas Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSKCC) yang merupakan sebuah lembaga penelitian dan pengobatan kanker yang didirikan pada tahun 1884 dan menjaid bagian dari RS Kanker New Tork, AS.

Institusi ini telah menjadi pemimpin dan pelopor dalam pelbagai tindakan yang berkaitan dengan kanker, mulai dari operasi, kemoterapi dan radioterapi.

Mendirikan pusat pengembangan pompa jantung mekanis pada 1952
GM sadar kasus penyakit jantung di AS menjadi momok masyarakat setempat. Untuk itu GM berinovasi dengan mengembangkan dan menyumbangkan pompa jantung mekanis pada setiap rumah sakit di AS. Pompa jantung mekanis ini diharapkan bisa mempercepat proses operasi jantung.

Pusat pengobatan jantung ini didirikan di Detroit, Amerika Serikat.

Program Bimbingan Apollo Moon pada 1969
Pada tahun 1960, dunia sedang diasyikan dengan pembicaraan pesawat luar angkasa. GM pun berinovasi dengan mendirikan pusat bimbingan dan sistem navigasi inersia untuk seluruh program Apollo termasuk kesuksesan Apollo 11 pada 1969.

GM Membantu Mengembangkan Lunar Rover pada 1971
GM sangat antusias dengan Lunar Rover atau sebuah kendaraan eksplorasi ruang angkasa (rover) yang dirancang untuk bergerak menjauh dari bumi. Dan GM bertanggung jawab untuk semua sistem mobilitas dan komponen dari Lunar Roving Vehicle (LRV) yang dibawa oleh Apollo 15 melaju ke bulan pada tahun 1971.

EN-V Personal Mobility Concept pada 2010
Untuk mengatasi kemacetan dan polusi di kota-kota besar, GM mengenalkan kendaraan listrik bersamaan di World Expo 2010 di Shanghai. Ini adalah kendaraan listirk personal perkotaan pertama yang menggabungkan baterai listrik propulsi yang didedikasikan menggunakan sensor dan GPS. Bentuknya unik dan hanya bisa menampung 2 orang dewasa. Kendaraan untuk masyarakat perkotaan ini mengusung tema 'Better City, Better Life'.

Dan hingga kini belum ada kabar kapan mobil ringkas ini akan diproduksi massal. Atau tidak akan diproduksi lantaran kurangnya faktor pendukung.

Memilih wanita sebagai CEO otomotif pertama dunia pada 2014
Mary Barra adalah wanita paling beruntung dalam inovasi GM. Inovasi ini memang tidak bersinggungan langsung dengan mobil-mobil GM, tapi setidaknya bisa meningkatkan brand perusahaan. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual