Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Fakta Penting Suzuki Satria F 150 Injeksi, Larinya Paling Ganas di Kelas Bebek Super

Panduan Pembeli

6 Fakta Penting Suzuki Satria F 150 Injeksi, Larinya Paling Ganas di Kelas Bebek Super

Kiprah Suzuki di roda dua dalam satu dasawarsa terakhir memang tidak segencar merek-merek asal Jepang lainnya. Namun seperti biasa, Suzuki seolah memiliki tradisi menghadirkan produk-produk yang fenomenal, salah satunya Suzuki Satria F injeksi. 

Suzuki Satria F150 mengawali kiprahnya di Tanah Air pada 2004 yang masuk secara Completely Built Up (CBU) atau diimpor secara utuh dari Thailand. Suzuki Satria versi injeksi diberi nama Suzuki Satria F 150 FI yang diluncurkan di Indonesia pada awal 2016.

Suzuki All New Satria F150 terlahir dari berbagai penelitian dan pengembangan yang panjang. Melihat spesifikasinya, Suzuki Satria F150 injeksi memiliki performa di atas rata-rata motor bebek ‘pekgoan’ lainnya.

Motor ini masih mempertahankan beberapa keunggulan absolutnya seperti mesin 150 cc DOHC dan transmisi manual 6-percepatan. Lantas apa saja hal menarik sebuah motor underbone ayam jago seperti Satria F injeksi di era modern saat ini?

Berikut ini ulasannya.

1. Built Quality Rangka dan Body Satria F Injeksi yang Solid

Walau motor ayam jago ini bikinan lokal, tapi kualitasnya tak kalah dengan produk impor. Kualitas las-lasan dan welding All New Satria F150 Injeksi untuk ukuran motor berkubikasi 150 cc pada sambungan antar framenya jauh lebih rapi. Minim titik las yang melebar kemana-mana dan material dan ukuran sasis yang disuguhkan juga lebih kokoh. 

All New Satria F150 Injeksi, material plastik bodinya lebih oke ketimbang Sonic 150. Bahannya solid dan tidak gampang “peyot” di area lampu utama. Kualitas cat garapan Suzuki juga sejak dulu memang boleh dipuji.

Finishing All New Satria F150 Injeksi nampak jempolan dimana pada bagian blok mesin yang dikelir gold, garpu teleskopik depan yang sudah ada pelindung dari cipratan, Serta rantai yang sudah dibekali Seal (sejenis O-Ring) yang nggak gampang berisik. 

2. Upgrade Komponen Untuk Tingkatkan Performa

Satria F150 ini hadir membawa tagline “Berani Diadu”, dimana Suzuki sudah menyematkan teknologi Fuel Injection untuk motor hyper-underbone andalannya. Untuk meningkatkan performa mesin dibandingkan generasi karburator, Suzuki memakai Dual Spray Injector supaya menyalurkan bensin ke ruang bakar lebih baik. 

Terdapat ubahan pada bagian valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar. Untuk pasokan bensin dan udara lebih oke, maka Suzuki membekalinya dengan throttle body berukuran 32 mm. 

Karakter mesinnya overbore dengan rasio kompresi tinggi 11.5 :1. Teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) turut digunakan pada piston dan bagian dinding silinder mesin.

Dengan rancangan tersebut, mesin berkapasitas 147,3 cc milik Satria F150 mampu menghasilkan tenaga 18,2 hp pada 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 8.500 rpm. Karakter tenaga pada Satria F150 generasi kedua lebih galak di putaran atas.

Sasisnya dibangun model twin spar seperti di motor sport, namun dengan ukuran yang kompak dan bobot ringan. Sementara itu, suspensi belakang telah memakai jenis monoshock. 

Hasilnya, Satria F150 FI bisa memberikan tingkat pengendalian yang lebih baik. Handling Satria FUFI lebih stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi atau berbelok miring.

3. Sistem Pendinginan Dan Pelumasan Diperbaharui Efek Kompresi Tinggi

Demi mengejar performa tinggi, maka sistem pendinginan dan pelumasan mesin harus makin optimal. Terlebih, Suzuki Satria F 150 injeksi mesinnya berkompresi tinggi. Menyadari hal tersebut, Suzuki lantas memasang radiator berukuran besar pada motor ayam jago andalannya tersebut.

Ukuran radiatornya yang sangat besar nyaris sebesar milik motor berkapasitas 250 cc untuk mendinginkan mesin baru tersebut. Kapasitas pelumas mesin Suzuki Satria FU150 injeksi kini melonjak menjadi 1,3 liter, akibat kompresi yang cukup tinggi.

Mesin Suzuki Satria FU150 injeksi yang berperforma tinggi memiliki kompresi sebesar 11,5:1 dan sangat tinggi di kelasnya. Konsekuensinya, pemakaian BBM minimal selalu Ron 92 agar performa tetap terjaga optimal.

4. Bebek Super dengan Fitur Modern

Suzuki Satria F 150 injeksi sudah sejak awal hadir dengan digital speedometer yang informatif. Speedometernya memberikan informasi seputar berkendara dengan sangat baik dan mudah dibaca oleh pengendara. Di dalamnya terdapat semua indikator yang ada di generasi lawas, ditambah trip meter, jam digital, indikator shift gear dan interval ganti oli.

Fitur lainnya juga tergolong canggih seperti misalnya 1-push electric starter. Suzuki mengklaim bila pengguna starter elektrik ini hanya cukup sekali menekan tombol starter dan motor langsung menyala. Teknologi starter ini diadopsi langsung dari GSX-R1000. 

Selain itu, masih ada beberapa fitur keren lainnya yang dimiliki ayago andalan Suzuki ini, sebut saja kunci dengan sistem alarm. Lebih lanjut, fitur USB Charger membantu pengendara agar tidak kerepotan untuk pengisian daya ponsel. Colokan tersebut berada dalam kompartemen bagasi sehingga aman saat mengisi daya ponsel di perjalanan.

5. Desainnya Bergaya Futuristik

Walau motor ini sudah meluncur sejak 2016, tapi desainnya masih cukup relevan untuk 2024. Konon, Satria FUFI alias FU Fuel Injection ini lebih ‘slim’, dengan  ban bawaan yang ramping, layaknya motor bebek biasa.

Desainnya kini nampak lebih “berisi“, Namun tanpa meninggalkan ukurannya yang mungil khas klan motor ayam jago. Suzuki membuat lekukan bodi All New Satria F150 Injeksi ini nampak tajam nan meruncing,

Satria F 150 generasi kedua secara umum masih bergaya ayago tapi dengan sudut lebih kaku terutama di bagian batok lampu. Tak lupa, lampu berjenis LED yang diklaim lebih awet dan tahan lama pun sudah jadi sistem pencahayaan utama.

Desain cover samping sudah menyerupai motor half fairing karena bentuknya memanjang hingga cover engine di bagian bawah. Penampakan sisi muka All New Satria 150 jadi mirip seperti tokoh di film Transformers.

Untuk memunculkan kesan motor sport, maka di bagian belakang Suzuki mendesain sepatbornya dengan model yang bisa dilepas.

6. Harga Paling Mahal di Segmen Bebek Sport 150 CC

Setelah mengulas spesifikasi dari Satria F150 generasi kedua, kita tentunya perlu tahu harga terkini dari si motor ayago tersebut. PT Suzuki Indomobil Sales menjualnya dengan harga Rp28.500.000 untuk tipe standar dan Rp30.350.000
untuk special edition.

Melihat harga yang ditawarkan, Satria F150 ini jadi yang paling mahal di antara bebek super dengan mesin 150 cc lainnya di kisaran Rp25-26 jutaan. 

Sebagai perbandingan, Honda Sonic yang merupakan rival utama Satria F150 dijual dengan harga Rp25.540.000 untuk warna Activo Black dan Energetic Red. Sedangkan untuk Sonic 150R Aggresso Matte Black dan edisi Honda Racing Red dijual seharga Rp25.945.000

Masih dari brand berlogo sayap kepak, Honda Supra GTR 150 yang juga dibekali mesin 150 cc DOHC dijual dengan harga Rp25.415.000 untuk tipe sporty dan Rp25.665.000 untuk tipe Exclusive.

Lantas, bagaimana dengan harga rivalnya dari kubu garpu tala? Yamaha juga ikut meramaikan segmen bebek super 150 cc dengan menurunkan Yamaha MX King. Yamaha menjual MX King 150 dengan harga Rp26.225.000

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang