Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Fakta Penting Honda Tiger Revo, Edisi Penutup Sang Macan di Indonesia

Panduan Pembeli

6 Fakta Penting Honda Tiger Revo, Edisi Penutup Sang Macan di Indonesia

Kalangan bikers era 2000an pasti sudah tidak asing dengan sosok Honda Tiger Revo. Motor naked sport ini pada zamannya digemari karena mewakili sosok moge karena kapasitas mesinnya yang cukup besar saat itu. 

Motor dengan nama lain GL200 ini terkenal dengan kenyamanannya untuk perjalanan jarak jauh. Honda Tiger ini jadi simbol kemewahan di kelas roda dua, dengan mengendarainya langsung terbesit kesan kalangan orang kaya. 

Ini karena dulu Tiger jadi model Honda termahal sebelum adanya CBR250RR. Sebagai motor mewah, perawatan Honda Tiger juga relatif mahal dari harga sparepart saat itu.

Honda Tiger pertama kali muncul pada 1993 dengan nama Honda Tiger 2000. Model ini ditutup dengan produk Tiger Revo yang selesai diproduksi pada 2013. Begitu legendarisnya, membuat banyak orang sedih dan kecewa ketika PT Astra Honda Motor menghentikan penjualannya pada 2013 lalu.

Honda Tiger Revo, Konsep Sport Touring Modern

Edisi terakhir Tiger dinamai sebagai Tiger Revolution Cruiser, atau banyak disebut sebagai Tirev atau Tiger Revo. Tirev mengalami ubahan menyeluruh bagi si macan, dengan desain berubah total.

Tiger mengalami perubahan pada headlamp, panel meter, shroud, tail light, dan muffler heat protector. Ubahan turut dilakukan pada sektor tangki dengan sayap kiri-kanan, dengan desain bodi lebih tajam dengan tambahan mini visor pada bagian headlamp dan multi-reflector pada lampu belakang. Kesan mewah terlihat dari backlamp dengan LED, dan mufller knalpot besar seperti moge. 

Shroud mengalami perubahan desain, menjadi sedikit lebih futuristik dan kekar. Tail light atau lampu belakang terpisah dengan lampu LED untuk lampu rem dan lampu bohlam untuk lampu senja. Kemudian pada bagian mesin, mengalami penambahan Secondary Air Supply System (SASS) yang berfungsi mengurangi tingkat emisi gas buang. 

Tiger Revo Ada Versi Mata Picek

Tiger Revo juga hadir dengan desain headlamp unik yang asimetris pada bagian high beam atau lampu tembak terpisah. Tiger dengan dual headlamp terdapat 4 pilihan warna. Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus, dan White Cartenz.

Desain yang mengikuti moge Eropa malah menuai kritikan dari bikers sehingga penjualannya pun gak selaris versi sebelumnya. Pasalnya, desain headlamp yang asimetris dengan lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi dianggap aneh bagi kebanyakan orang. 

Pemisahan lampu dekat dan jauh inilah yang menjadi awal mula penamaan Tiger “Mata Picek”.  Saat pengendara menyalakan high beam atau pass beam, maka lampu di reflektor persegi ini yang menyala. Kedipannya yang cuma sebelah mirip sebagai pandangan orang yang buta sebelah alias picek.

Kalangan bikers pun tetap menjatuhkan pilihan pada versi lampu bulat. Alhasil, populasi Honda Tiger Revo dual headlamp tidak sebanyak saudaranya yang single headlamp.

Karakternya Kuat Sebagai Motor Sport Touring

Tiger memiliki karakter sebagai motor sport yang tangguh, baik untuk berkendara di dalam kota maupun luar kota. Kelebihan motor Honda Tiger Revo selanjutnya ialah terdapat pada desain kursi atau jok motor yang cukup empuk dan posisi duduknya agak tegak. Para pengguna akan lebih merasa nyaman saat berkendara jarak jauh.

Tiger Revo dibekali mesin berkapasitas 196.9 cc, dengan 4 langkah SOHC, pendingin udara. Dengan mesin tersebut, Tiger Revo mampu menghasilkan tenaga hingga 16.7 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimum 15,7 Nm pada 7.000 rpm.

Untuk generasi Tiger Revo terdapat penurunan power dari sebelumnya. Sebagai informasi, Tirev cuma sanggup mencapai top speed sekitar 125 km/jam sedangkan Tiger 2000 masih sanggup hingga 140 km/jam.

Spesifikasi Tiger telah memiliki transmisi 6-speed. Ini jadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya Scorpio dan Thunder 250 karena hanya 5-speed. Jumlah gigi yang lebih banyak dapat menghasilkan performa berkendara yang lebih menyenangkan saat touring. 

Selain itu, teknologi yang dipakai Tiger masih sederhana, ini jadi memudahkan pemiliknya dalam merawat si macan atau ketika motor mengalami masalah waktu touring.

Tiger Mata Picek Jadi Model Langka yang Mahal

Populasi Honda Tiger Revo dual headlamp tidak sebanyak saudaranya yang single headlamp. Karena peminatnya yang sedikit, AHM lantas menghentikan produksi Tiger “Mata Picek” ini hingga 2011. Tiger minor change keluaran 2012 kembali memakai single headlamp sampai produksinya dihentikan pada 2013.

Karena hanya sedikit peminatnya, maka populasinya pun langka. Kini setelah AHM tidak lagi memproduksinya, unit ini jadi yang paling dicari karena keunikannya tadi. Di luar Tiger modifikasi, maka si Tiger Revo “Mata Picek” umumnya dijual dengan harga tinggi.

Harga pasaran Honda Tiger termasuk agak gelap, sehingga lebih ditentukan dari kondisi fisik dan surat kendaraan ketimbang tahun produksi. Orang mencari barang yang mulus dan orisinal bawaan motor tersebut lalu suratnya lengkap dengan pajak lunas. Semakin lengkap maka harganya dijual mahal.

Harga jual Tiger Revo ini bahkan menembus angka Rp18 juta dengan kondisi full orisinal. Untuk ukuran motor bekas 200 cc keluaran 2010-2012, harga tersebut masih sangat tinggi. Namun jangan salah sangka, harga Tiger Revo versi standar juga menembus kisaran harga segitu.

Waspadai Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Honda Tiger Revo

Berbicara soal Tiger, motor ini punya kekurangan yang khas dan jadi ciri tersendiri. Berdasarkan pengalaman para pemilik yang diceritakan di forum-forum, material logam pada tangki Tiger kualitasnya kurang awet bila dibandingkan Scorpio atau Thunder 250.

Gejala keropos sering terjadi di bagian tangki bensin dan jelas merepotkan, karena bensin cepat habis akibat bocor dan rembes. Penyebab keropos biasanya karena pemilik jarang mengisi bensin hingga penuh sehingga membuat lapisan logam yang tidak terendam bensin jadi korosif.

Solusi yang bisa dilakukan yaitu segera melapisi bagian dalam tangki dengan resin supaya bagian logam tidak korosif. Dengan lapisan resin tadi, uap air dan udara tidak merusak plat tangki bagian dalam.

Masalah selanjutnya termasuk tidak parah tapi cukup mengganggu, yaitu gear set yang sangat berisik. Ini bisa diatasi dengan cara substitusi gear set Tiger dengan gear set milik Honda Mega Pro. Selain lebih murah, komposisi dan ukuran gear set nya membuat tarikan motor jadi lebih enteng karena perbandingan mata gir lebih kecil.

Penyakit terakhir yang tak kalah sering menjangkiti si macan yaitu rantai keteng yang berisik karena LAT (Lift Assy Tensioner) gampang lemah. Akibatnya keteng kendor dan menyebabkan suara berisik dari head blok mesin.

Penekan rantai kamprat ini cepat lemah karena beban putaran mesin yang di pikul honda Tiger ini terlalu tonggi. Pasalnya karena tenaga dan bobot yang lebih besar daripada GL series. Di kalangan komunitas, penyakit ini diatasi dengan mengganti tensioner dengan bikinan Honda Thailand yang lebih kuat dan lebih murah.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang