Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Fakta Penting dari Honda Civic FD, Biar Lawas Tetap Berkelas

Panduan Pembeli

6 Fakta Penting dari Honda Civic FD, Biar Lawas Tetap Berkelas

Pilihan mobil pada rentang harga di atas Rp150 jutaan cukup banyak model yang tersedia, mulai dari sedan, MPV, hingga SUV ada semua. Apabila mencari mobil 5-seater bekas yang keren, menurut kami Honda Civic FD bisa jadi opsi yang sangat menarik.

Honda Civic FD dijual di Indonesia pada kurun waktu 2006-2011. Saat itu Civic FD masih didatangkan dalam bentuk CBU dari Thailand. Civic FD ini masuk kategori mid-sedan, yang jadi pesaing Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX dan sejenisnya.

Civic FD adalah sedan sub-compact dengan pangsa pasarnya anak muda atau keluarga muda yang butuh mobil 'gaul' dan keren untuk kendaraan harian. Walau usianya kini mencapai 18 tahun, sedan ini tak kalah keren dengan Civic keluaran baru sekalipun. 

Bagi kalian yang berminat, berikut ini ulasan mengenai fakta penting seputar Honda Civic FD yang ada di Indonesia. 

1. Harga Bekasnya Kian Terjangkau

Honda Civic FD yang sering disebut sebagai Civic Batman ini harga bekasnya makin terjangkau. Namun untuk kelas sedan, harganya tergolong tinggi karena masih banyak peminatnya dan juga punya mesin yang cukup bandel. 

Untuk pasaran harga bekas Civic Batman ini paling murahnya yaitu sekitar Rp85 juta untuk keluaran 2010. Bahkan unit termahalnya mencapai Rp 185 jutaan untuk keluaran 2011. Harga yang ditawarkan tergantung dari kondisi barang dan pajak kendaraan. 

2. Civic FD Punya Desain Modis Ala Mobil Batman

Civic FD cukup populer dalam keluarga Honda Civic, berkat desain yang dianggap lebih bagus daripada generasi sebelum maupun setelahnya. Di usianya yang sudah belasan tahun, desain Civic FD masih enak dilihat dan tidak menampilkan kesan usang.

Sedan ini juga terkenal dengan sebutan Civic ‘Batman’ di kalangan penggunanya. Soalnya bentuk ekor dianggap mirip Bat Mobile, apalagi untuk yang berwarna hitam. Selain itu desain bodi eksteriornya yang sangat berkarakter streamline. 

Bahkan performanya pun cukup powerful bagi penyuka kecepatan, sehingga pas dengan desainnya agresif, revolusioner namun kontroversial. 

3. Honda Civic FD Performa Mesinnya Sangar, Siap Diajak Ngebut

Civic FD jadi sedan yang tenaganya oke, desainnya sporty, fun to drive, walaupun sedikit boros.

Untuk ukuran sedan keluaran 2006-2011, performa Civic FD punya tenaga yang lumayan besar. Bahkan mobil ini kerap jadi andalan di ajang kontes modifikasi maupun balap.

Kalau kalian penggemar performa atau punya style berkendara agresif, maka Civic Batman ini jadi pilihan pas. Honda Civic FD hadir dengan 2 pilihan mesin, yakni 1.8 dan 2.0 liter. 

Civic FD1 dengan mesin R18A i-VTEC SOHC berkapasitas 1.800 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 140 hp pada 6.300 rpm, dan torsi 177 Nm di 4.200 rpm.

Sedangkan Civic FD2 menanamkan mesin K20Z2 i-VTEC DOHC berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya mencapai 155 hp di 6.000 rpm, dan torsi 192 Nm di 4.200 rpm. Angka segitu lumayan besar untuk mesin 2.0 liter non turbo. 

Outputnya tersalurkan lewat pilihan transmisi manual atau transmisi otomatis lima percepatan tiptronic. Di varian otomatis, perpindahan transmisi dapat kita lakukan lewat paddle shift.

Bagi yang cari sedan irit BBM, maka bisa membeli varian bermesin 1.800 cc dengan transmisi otomatis. Civic FD1 konsumsi bahan bakarnya lebih hemat bila dibandingkan dengan varian bermesin 2.000 cc. Tenaganya dirasa sudah mencukupi untuk sebuah sedan. 

4. Fitur Sederhana di Civic FD Mirip LCGC

Soal fitur multimedia jangan banyak berharap pada Civic Batman ini. Pasalnya fitur yang ada relatif sederhana dan hanya mirip seperti mobil LCGC versi terbaru.

Fitur bawaan di sedan ini mungkin terasa uzur di standar mobil masa sekarang. Sarana hiburan di Civic FD berupa 2DIN jadul berisi CD player, MP3, dan USB. AC juga manual lewat paduan tombol dan kenop putar. 

Bicara fitur multimedia bahkan kalah dengan Brio Satya. Ini karena LCGC atau city car dengan rentang harga segitu  sudah memakai head unit monitor dengan layar sentuh.

Mungkin untuk fitur hiburan sudah ketinggalan zaman,  namun Civic pada seri FD2 sudah memiliki fitur Vehicle Stability Assist (VSA) karena memiliki performa yang lebih tinggi dibanding Civic FD1. 

5. Interior dengan Aksen Premium dan Mewah 

Sebagai sebuah sedan kelas atas pada masanya, interior Honda Civic FD didesain dengan konsep elegan dan mewah. mobil ini memiliki kapasitas 5 penumpang dengan menyuguhkan keleluasan kabin yang cukup baik di baris pertama dan kedua.

Tapi saat duduk di balik kemudi, kita disuguhi desain panel instrumen futuristik. Belum lagi, Civic memiliki posisi duduk yang sangat ergonomis sehingga benar-benar driver oriented. 

Desain instrument cluster di Civic FD tampil modern dengan layout terbagi dua. Pada bagian atas dashboard pengemudi, instrument clusternya menampilkan kecepatan berkendara, dan layar di bawah menunjukan angka putaran mesin serta posisi gigi.

Panel instrumen multiplex seperti ini sangat revolusioner di zamannya. Dengan layar multiplex tersebut, pengemudi hanya perlu melirik sedikit kebawah untuk memantau info yang ada. 

Pada FD1, joknya masih menggunakan aksen krem/beige dengan bahan pelapis kursi menggunakan fabric. Kombinasi material tersebut tentu saja memiliki kekurangan pada kursi yang mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Sementara itu pada Civic FD2, joknya sudah menggunakan bahan kulit dengan aksen gelap sehingga memberikan sentuhan mewah. Material interior seperti ini lebih mudah dibersihkan ketika ketumpahan makanan dan minuman.

6. Penyakit Khas Ada di Kaki-kaki

Kerusakan yang yang biasa dialami oleh Honda Civic FD1 atau FD2 adalah bagian shockbreaker dan engine mounting. Pada engine mounting ini bahannya kurang kokoh sehingga jika usia mobil sudah di atas lima tahun maka muncul gejala getar mesin yang terasa hingga ke kabin.

Kemudian, masalah pada kaki-kaki biasa yang mengalami kerusakan pada bagian bushing dan shockbreaker. Mobil akan mengalami gejala bantingan yang terasa keras dan terdengar bunyi pada kaki-kaki.

Masalah kaki-kaki akan makin pelik jika kalian tinggal kota-kota penyangga ibu kota seperti Bekasi atau Tangerang, yang notabene beberapa deaerahnya memiliki kondisi jalan yang kurang baik.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang