5 Tips Untuk Membeli Mobil yang Tepat

Panduan Pembeli

5 Tips Untuk Membeli Mobil yang Tepat

JAKARTA – Membeli mobil pertama untuk sebagian orang bukanlah pekerjaan mudah karena nilainya yang tidaklah kecil.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelanggan tidak merasa salah membeli kendaraan. PT Honda Prospect Motor (HPM) pun mencatat sedikitnya ada lima hal yang harus diperhatian masyarakat sebelum membeli kendaraan. Berikut adalah 5 tips yang harus diperhatikan sebelum membeli kendaraan

Tentukan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan berapa budget maksimal untuk membeli mobil. Selain itu, pelanggan juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan. Contohnya, apabila konsumen seorang mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris mungkin sudah cukup baik.

Cermati Skema Pembiayaan dan Program Penjualan yang Berlaku

Untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil, konsumen dapat mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan.  Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda.

Program Penjualan Yang Berlaku

Honda Brio
Konsumen juga perlu mencermati program penjualan yang sedang berlaku. Program penjualan yang ditawarkan dealer biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan dan sebagainya. Dengan program penjualan yang tepat, pembelian mobil akan lebih ringan dan menguntungkan.

Perhatikan Aspek Purna Jual & Biaya Perawatan

Selain harga beli, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil tentu menjadi pertimbangan penting. Karena itu, konsumen perlu memastikan mobil yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel yang luas, ketersediaan suku cadang memadai dan sebagainya.

Perhatikan pula besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan.

Perhatikan Harga Jual Kembali

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli. Setelah memiliki mobil, seiring waktu konsumen mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas, daya tahan produk, desain tidak mudah ketinggalan jaman dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar