5 Sepeda Lipat Termahal di Dunia, Harganya Lebih Mahal Dari Nmax

Berita Otomotif

5 Sepeda Lipat Termahal di Dunia, Harganya Lebih Mahal Dari Nmax

JAKARTA – Harga sepeda lipat kini terus meroket seiring dengan semakin meningkatnya minat masyarakat dalam menggunakan sepeda.

Pandemi covid-19 ternyata memberikan keuntungan besar bagi para pemain sepeda. Baik produsen hingga penjual, meraup untung yang cukup tinggi atas banyaknya permintaan. Bersepeda menjadi tren di kota-kota besar karena selain menyehatkan penggunanya, bentuk-bentuknya yang unik juga menjadi salah satu daya tarik.

Sepeda selain menawarkan model balap dan gunung, sepeda lipat juga tengah digandrungi banyak orang, termasuk Indonesia. Merek sepeda lipat yang kerap menjadi perbincangan adalah Brompton. Dengan segala kontroversinya, merek satu ini menjadi kian populer khususnya pada orang-orang berduit.

Namun nama Brompton bukanlah satu-satu produsen sepeda lipat yang paling mahal. Di balik popularitas sepeda buatan Inggris tersebut, masih ada beberapa merek yang juga dibanderol dengan harga tinggi dan fiturnya lebih istimewa.

  1. Brompton


Popularitas sepeda lipat ini semakin melejit tatkala menjadi bagian dari upaya penyelundupan beberapa waktu silam. Sepeda lipat Brompton identik dengan mainan orang kaya, dengan mengendarainya otomatis harga diri ikut naik.

Brompton pertama kalinya dirancang pada 1975 di London oleh Andrew Ritchie. Pabriknya pertama kali diresmikan pada 1988 dan menawarkan sepeda dengan bentuk unik dan fitur lipatnya canggih. Rangkanya terbuat dari bahan titanium sehingga banderolnya cukup mahal.

Pada laman resminya, produk Brompton termurah dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 16 juta. Pada masa pandemi yang mempopulerkan sepeda seperti saat ini, harga Brompton di Indonesia bahkan ada yang mencapai Rp 250 juta.

  1. Dahon


Produsen sepeda lipat asal Amerika Serikat ini memiliki ragam varian yang menarik. Dahon Clinch D10, D20 dan Pro menggunakan rangka berbahan berlian LockJaw. Untuk membuka atau mengengencangkan baut-bautnya membutuhkan kunci pas Allen.

Tidak seperti Brompton, proses melipat Dahon lebih membutuhkan waktu. Namun rangka buatan Dahon diklaim lebih kuat daripada sepeda Inggris tersebut. Sepeda ini dipasarkan dengan harga beragam. Varian paling mahalnya dikatakan mencapai Rp 50 jutaan di negara asalnya.

  1. Prodrive Hummingbird Bike


Produk ini dikatakan sebagai sepeda lipat paling ringan di dunia. Total bobotnya hanya 6.9 kilogram saja. Lalu mekanisme pelipatan sepeda ini sendiri dikatakan hanya butuh waktu 5 detik saja. Sepeda ini ditawarkan dengan dua pilihan roda yakni 16 inci dan 20 inci.

Hummingbird dibuat dengan mengedepankan gaya, inovasi dan keahlian tingkat tinggi serta handling terbaik yang merupakan hasil kolaborasi bersama Prodrive. Sepeda lipat Dahon dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 23 juta hingga Rp 65 jutaan.

  1. Tern


Sepeda lipat buatan China ini terlihat lebih kekar daripada pesaing-pesaingnya. Berdiri sejak 2011, Tern menghasil berbagai produk sepeda yang fokus pada penggunaan nan santai, namun tetap stylish di manapun.

Sepeda ini memiliki dimensi yang lebih kecil daripada kompetitornya. Tern BYB menawarkan fitur unggulan yakni pelipatan trifold. Hal ini membuat sepeda tidak memakan banyak tempat saat berada di rumah. Sepeda ini dipasarkan dengan harga mulai dari belasan juta rupiah hingga Rp 35 jutaan.

  1. The G3


Berbeda dengan para kompetitornya, G3 merupakan sepeda lipat elektrik. Sehingga para penggunanya tidak perlu pegal-pegal menggowes. Menariknya adalah semua komponen kelistrikan disembunyikan di balik rangka.

Walhasil jika terdapat kerusakan misalnya, akan menjadi lebih sulit dari biasanya. Dengan G3, konsumen dapat melaju hingga kecepatan 36 kilometer perjam. G3 dipasarkan dengan harga Rp 51 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar