5 Rekomendasi Tempat Kursus Mengemudi di Jakarta

Panduan Pembeli

5 Rekomendasi Tempat Kursus Mengemudi di Jakarta

Rekomendasi tempat kursus mengemudi yang bagus di Jakarta tersebar di berbagai wilayah. Jadi, warga yang tinggal di utara, barat, selatan, timur, hingga pusat Ibu Kota tak perlu khawatir.

Belajar mengemudi adalah sesuatu yang susah – susah gampang. Hal ini bisa dipelajari sendiri dengan bantuan teman maupun keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajarinya lewat bantuan institusi khusus yang memang menyediakan jasa tersebut.

Dalam artikel kali ini, Mobil123.com akan menjabarkan rekomendasi tempat - tempat kursus mengemdi di Jakarta dan apa keuntungan menggunakan jasa kursus mengemudi.

Tempat – Tempat Kursus Mengemudi Pilihan di Jakarta

ilustrasi mengemudi

Dari paparan di atas, sudah tergambarkan bagaimana nyaman dan amannya belajar mengemudi di tempat kursus. Sekarang, tinggal mencari tempat kursus yang tepat.

Pemilihan tempat kursus mengemudi juga tak kalah penting. Soalnya, ada beberapa tempat kursus yang hanya mementingkan keuntungan semata dan tak terlalu memperhatikan kemampuan mengemudi dari murid – murid mereka.

Berikut rekomendasi tempat – tempat kursus mengemudi di wilayah Jakarta, seperti disitat dari artikel dalam situs resmi Daihatsu Indonesia plus sumber – sumber lain. Biaya mengemudi berkisar mulai dari ratusan ribu rupiah sampai di bawah Rp2 juta—tergantung dari paket kursus apa yang Anda ambil:

  • Persemija

Persemija, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari sumber – sumber lain, cukup banyak direkomendasikan. Mereka pun membuka cabang di berbagai wilayah, sehingga makin memudahkan warga Ibu Kota yang tinggal di berbagai lokasi.

Salah satu cabang mereka di Jakarta Selatan terletak di Gandaria. Warga Jakarta Pusat bisa menyambangi cabang di Bendungan Hilir, Kramat Sentiong, atau Cempaka Putih.

Jika kediaman Anda di Jakarta Barat, Persemija Cabang Palmerah atau Mangga Besar bisa jadi opsi. Mereka juga ada di Koja, Jakarta Utara maupun Cakung, Jakarta Timur.

Mereka memiliki situs resmi yang bisa Anda kunjungi yakni https://persemija.com.

  • Ulisa (Usaha Lima Saudara)

Ulisa adalah tempat kursus mengemudi populer lainnya di Jakarta. Mereka mampu bertahan menjalankan bisnis selama puluhan tahun, tepatnya sejak 1951 silam. Artinya, usia mereka pada 2021 genap 71 tahun—terpaut hanya 6 tahun dari usia Indonesia mereka.

Cabang Ulisa pun tersebar di berbagai area Ibu Kota. Di antaranya adalah di Grogol Petamburan, Jakarta Barat; Kelapa Gading, Jakarta Utara; Menteng, Jakarta Pusat; Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Anda bisa mengunjungi situs https://www.ulisa.co.id untuk mengetahui berbagai informasi yang lebih detail mengenai kursus mengemudi di tempat mereka.

  • Satria Jayanti

Satria Jayanti bisa menjadi opsi tempat kursus mengemudi bagi Anda warga Jakarta Utara. Alamatnya adalah Jalan Boulevard Raya nomor 8, Kelapa Gading.

Jika Anda berminat belajar di sini, bisa menghubungi nomor 0813-1001-4446 atau surel saifulohf@gmail.com. Kantor mereka buka dari pkl. 08.00 – 20.00 WIB pada hari kerja dan pkl. 08.00 – 17.00 WIB pada akhir pekan.

  • Pesona Jaya

Kantor Pesona Jaya beralamat di Lapangan Tembak Cibubur, Jakarta Timur. Ada pula cabang di area lain semisal Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Cilandak KKO, Jakarta Selatan; Lenteng Agung, Depok. Nomor kontak mereka 0896-5207-9666.

  • Ar Rahman

Kursus mengemudi satu ini sudah hadir sejak 15 – 16 tahun silam. Konon, mereka cukup menjadi preferensi orang – orang Jakarta yang ingin belajar membawa mobil.

Cabang mereka juga banyak tersebar. Ada di Cilangkap, Jakarta Timur; Condet, Jakarta Timur; Pasar Rebo; Jakarta Timur; Kampung Melayu, Jakarta Timur; Duren Tiga, Jakarta Selatan; Rawamangun, Jakarta Timur; Pondok Gede, Bekasi; Kalimalang, Bekasi; Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Keuntungan Belajar Mengemudi di Tempat Kursus

ilustrasi belajar mengemudi mobil

Ternyata, menggunakan jasa tempat kursus untuk belajar mengemudi memiliki keuntungan tersendiri. Setidaknya, ada enam keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan masak – masak, sebelum memutuskan apakah akan belajar menyetir mobil secara otodidak dengan bantuan kerabat atau di tempat kursus.

Berikut adalah poin – poin keuntungannya, seperti dikutip dari artikel dalam situs resmi Toyota Indonesia maupun kursusmengemudi.id:

  1. Tenaga Pengajar Terlatih dan Profesional

Dalam pendidikan, kualitas dan kecakapan guru dalam mengajar menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kepintaran murid. Teori ini pun berlaku ketika Anda belajar mengemudi.

Para instruktur di tempat kursus mengemudi sudah terlatih dan profesional. Mereka tahu urutan – urutan pembelajaran yang baik, pun teori berkendara yang benar seperti bagaimana cara berbelok, berputar, atau parkir paralel.

Ini berbeda ketika Anda belajar dengan bantuan teman atau saudara. Biar pun dia dahulu belajar di tempat kursus, belum tentu ia fasih untuk kembali mengajarkannya kepada Anda.

Padahal, pengetahuan yang disampaikan akan berpengaruh pada cara maupun karakter mengemudi Anda nantinya.

Tenaga pengajar di tempat kursus pun sudah terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan banyak murid. Dengan demikian, ia bisa lebih mengerti psikologis dan cara menghadapi atau memberitahu Anda ketika sedang praktik mengemudi di jalan.

  1. Mobil Kursus Telah Dimodifikasi dan Lebih Aman

Mobil – mobil di tempat kursus sudah mendapatkan modifikasi. Umumnya, di bagian kaki pada kursi penumpang depan terdapat pedal gas, rem, plus kopling tambahan.

Karena itulah, sembari praktik mengemudi di jalan, instruktur juga menyiagakan kakinya jika kondisi sewaktu – waktu mengharuskan adanya intervensi darurat. Apalagi ada saja murid yang gugup atau panik berlebihan menyikapi situasi di jalan raya.

Ini tentunya tidak ada ketika Anda belajar mengemudi sendiri.

  1. Belajar Secara Terstruktur

Tempat kursus tidak akan langsung menyuruh Anda belajar sambil praktik di jalan raya. Mereka terlebih dahulu bakal mengajarkan teori di kelas.

Pertama, Anda akan belajar segala hal tentang cara mengoperasikan kendaraan. Selanjutnya adalah teori mengenai cara mengemudi mulai dari menginjak pedal, bagaimana untuk maju dan mundur, cara dan hal – hal yang harus diperhatikan saat berbelok, berputar, parkir, atau pindah jalur.

Setelah tahapan ini terlewati dengan baik, barulah Anda akan berada di balik setir kemudi dan menerapkannya langsung di jalan.

  1. Waktu Fleksibel

Tempat – tempat kursus mengemudi telah menyediakan beragam pilihan hari serta waktu untuk belajar. Misalnya saja Paket 12 hari dengan pilihan hari antara Senin – Jumat atau paket 16 hari dengan mengambil waktu pada akhir pekan.

Mereka siap menyesuaikannya dengan kemauan serta jadwal Anda. Ini berbeda jika Anda belajar dengan bantuan teman atau kerabat. Kadang, jadwal keduanya tidak bisa dipertemukan karena kesibukan masing – masing. Akhirnya, proses belajar pun terhambat atau menjadi semakin lama.

  1. Tak Perlu Bikin SIM Sendiri

Ini mungkin salah satu keunggulan yang paling menyenangkan dari semuanya. Dengan belajar mengemudi di tempat kursus, mereka kelak akan pula membantu dalam proses pengajuan dan pembuatan SIM.

Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat waktu. Tak perlu repot – repot juga mondar – mandir di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) untuk mengurusnya seorang diri.

  1. Berbagai Kerusakan dan Insiden Tanggung Jawab Tempat Kursus

Terakhir, tempat kursus juga telah menyediakan asuransi selama proses belajar mengemudi. Jadi, berbagai peristiwa tak diinginkan seperti kerusakan mobil atau mesin maupun tabrakan akan ditanggung oleh mereka.

Jika Anda belajar mengemudi sendiri, tentunya segala kerugian yang timbul akibat kecelakaan atau tubrukan harus Anda tangani dan bayar sendiri. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar