5 Pilihan Mobil Bekas kalau Uang di Kantong Cuma Rp30 Jutaan

Mobil Bekas

5 Pilihan Mobil Bekas kalau Uang di Kantong Cuma Rp30 Jutaan

Pilihan mobil bekas Rp30 jutaan datang dari berbagai merek, tapi umurnya sudah agak tua. Meski begitu, setidaknya Anda masih bisa menemukan model-model yang cukup populer pada masanya.

Di pasar mobil seken, Anda sungguh bisa membeli kendaraan meskipun hanya punya modal beberapa puluh juta rupiah. Model-model yang tersedia pun terkadang menarik di mata para pecinta mobil retro maupun vintage.

Dahulu, Mobil123.com sudah menampilkan daftar mobil bekas seharga Rp20 jutaan. Salah satu pilihannya ialah Honda Civic keluaran 1984 bermesin bensin 1.3-liter.

Ada pula pilihan model-model retro keren dengan modal Rp40 jutaan yang antara lain terdiri dari Toyota Starlet bekas 1991, Honda Civic bekas 1995, sampai dengan Mercedes-Benz C180 bekas 1995.

Sementara itu, dengan uang Rp50 juta di tangan, konsumen sudah bisa mendapatkan mobil bekas yang terbilang keren. Contoh opsi yang ada ialah Honda Civic Genio bekas 1996, Mercedes-Benz 300E bekas 1991, maupun Toyota Crown bekas 1994.

Untuk menyempurnakan pembahasan mengenai mobil bekas berbanderol hanya beberapa puluh juta rupiah, kali ini mari mengintip sebagian model yang tersedia di rentang Rp30 jutaan.

Mobil Bekas Rp30 Jutaan

Tentu saja, iklan yang ada di Mobil123.com amat banyak serta variatif. Namun, redaksi sudah menyortir lima mobil bekas yang bisa dibeli hanya dengan mengeluarkan uang Rp30 jutaan.

Berikut ini daftar lima mobil bekas Rp30 jutaan yang bisa Anda pilih:

  • Honda Civic Hatchback Bekas 1987

Civic hatchback lawas keluaran 1987 sudah berbanderol Rp30 jutaan di Indonesia, buktinya adalah salah satu unit dalam iklan di Mobil123.com yang bisa ditebus dengan mahar Rp33 juta.

Jika melihat tahun produksi maupun desain eksterior—termasuk kaca belakangnya yang punya proporsi ukuran besar—dapat diduga bahwa unit yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur tersebut adalah model generasi ketiga yang eksis di pasar mobil baru pada rentang 1983-1987.

 

Honda Civic Hatchback Bekas 1987

Unit berwarna bodi merah ini, menurut diler penjual, sudah menempuh total perjalanan 270 ribu-an km.

Mesin bensin yang berada di balik kap depan memiliki kapasitas 1.3-liter dengan girboks manual.

Diler tidak merincikan kondisi unit baik dari sisi teknis maupun pajak. Oleh karenanya, pemburu mobil bekas ikonik yang ‘naksir’ harus menanyakan semuanya secara langsung ke penjual.

  • Toyota Kijang Bekas 1988

Kalau ingin membeli model yang amat populer dan suku cadangnya masih ‘bertebaran’ sampai sekarang, Anda bisa memilih Toyota Kijang generasi ketiga yang dijuluki juga sebagai Kijang super (1986-1997). Contohnya adalah Kijang bekas 1988 seharga Rp35 juta ini.

Toyota Kijang Super Bekas 1988

Unit berwarna bodi coklat yang berada di Kediri tersebut mengusung mesin bensin 1.5-liter, tiga pintu, dengan transmisi manual.

Status pajak lima tahunannya masih ‘hidup’ hingga Februari 2024. Tidak disebutkan bagaimana status pajak tahunannya.

Adapun biaya pajak tahunannya ialah Rp535.500 saja.

Silakan langsung hubungi outlet penjual jika Anda tersengsem dengan Kijang satu ini.

  • Daihatsu Feroza Bekas 1993

Daihatsu Feroza merupakan salah satu SUV yang beredar di pasar otomotif Indonesia pada era 1990-an, tepatnya sejak 1992 sampai 1999. Meski begitu, kemunculan perdana Feroza di jagat roda empat global terjadi pada 1987.

Daihatsu Feroza bekas 1993

Ketika artikel ini dibuat, salah satu iklan mobil Rp30 jutaan di Mobil123.com adalah Feroza bekas 1993. Banderol yang dipasang oleh diler penjual di Kediri ialah Rp38 juta.

Status pajak lima tahunan dari unit berwarna biru tersebut masih berlaku hingga Desember 2024. Tidak dijelaskan mengenai status pajak tahunannya.

“Biaya pajak Rp598.500,” pungkas diler mengenai biaya pajak tahunan Feroza itu.

Sedikit bicara teknis, Feroza bersenjatakan mesin bensin relatif kecil (1.5-liter) dengan transmisi manual. Ini berbeda dari kedua ‘saudaranya’ Daihatsu Rocky serta Daihatsu Taft, yang bermesin diesel.

  • Mitsubishi Lancer Bekas 1992

Meski sudah tidak lagi diproduksi dan dijual oleh Mitsubishi, penggemar sedan Lancer masih bisa ditemukan di berbagai negara. Termasuk Indonesia.

Jika ingin membeli Lancer keluaran termuda, harganya memang masih agak mahal. Apalagi jika berbicara mengenai Lancer Evolution X yang bisa menembus di atas Rp500 juta.

Mitsubishi Lancer bekas 1992

Namun, ada pula yang bisa dibeli dengan bujet Rp30 jutaan. Contohnya ialah Lancer bekas 1992 seharga Rp32 juta yang dijual di Kediri ini.

Unit berwarna bodi putih dengan mesin bensin 1.6-liter tersebut diklaim baru menempuh jarak sejauh 100-105 ribu km sepanjang hidupnya. Adapun jenis transmisinya adalah manual.

Pajak tahunannya masih berlaku hingga Oktober 2021 mendatang. Besaran pajaknya, menurut diler penjual, juga sudah relatif murah yakni Rp817.900.

Tidak dipaparkan spesifikasi detail maupun kondisi teknis dari unit, sehingga peminat mesti menghubungi dan menanyakannya secara langsung.

  • Mitsubishi Galant Bekas 1994

Dahulu, jauh sebelum lekat dengan sebagai pabrikan SUV, Mitsubishi punya cerita yang kuat dengan sedan. Tak heran, ada beberapa model sedan garapan merek berlogo tiga berlian ini yang terbilang legendaris.

Mitsubishi Galant bekas 1994

Termasuk di Indonesia. Sedan tersohor Mitsubishi bukan hanya Lancer. Ada lagi sedan ikonik bernama Galant yang kini bisa dijumpai di pasar kendaraan seken dengan banderol luar biasa miring.

Sebuah diler yang berada di Kediri memasang harga ramah di kantong, Rp37 juta saja, untuk Galant yang mereka jual.

Unit berwarna bodi perak ini memanggul mesin bensin 2.0-liter yang dijodohkan dengan transmisi manual.

Pajak tahunannya masih berlaku beberapa bulan ke depan, tepatnya hingga November 2021.

Untuk besaran pajak, sang pemilik Galant ini kelak perlu merogoh Rp1.060.000 setiap tahun.

Tips Singkat Mendapatkan Mobil Bekas Tua yang Bagus

Dengan paparan di atas, lengkap sudah deretan artikel mengenai mobil bekas yang amat murah di Mobil123.com. Anda bisa menemukannya mulai dari Rp20 jutaan, Rp30 jutaan, sampai dengan Rp50 jutaan.

Dengan permulaan harga yang luar biasa murah, mobil bekas dapat menjadi pertimbangan bagi para pencari mobil pertama dengan anggaran yang benar-benar ketat. Hanya saja, jika mencari secara daring (online), Anda harus memilih situs tepercaya dengan pengiklan yang terverifikasi dengan baik seperti Mobil123.com.

Menurut penelusuran dari berbagai sumber, bagi Anda yang ingin mobil bekas berusia tua jangan lupa pula melihat dan memeriksanya secara langsung.

Jika Anda tidak terlalu mengerti dengan teknis kendaraan, sangat disarankan untuk membawa teknisi kepercayaan Anda ketika bertemu dengan penjual untuk bernegosiasi dan menginspeksi mobil incaran.

Bagian-bagian mobil bekas tua yang tak boleh terlewatkan untuk dicek antara lain ialah sekeliling eksterior, kondisi interior, mesin (dalam kondisi nyala maupun mati), dan kaki-kaki. Satu lagi: jangan pernah lupa untuk meminta test drive (uji kendara) terhadap mobil bekas incaran Anda.

Kalau bisa, jangan hanya menjajal mobil itu di kondisi jalan yang mulus saja. Bawa juga ke permukaan jalan yang agak kasar untuk menguji performa kaki-kakinya.

Sebaiknya, sebelum membeli mobil bekas tua, Anda juga sudah mendapatkan gambaran mengenai di mana tempat servisnya kelak.

Anda juga perlu melakukan riset kecil mengenai lokasi-lokasi yang menjual suku cadangnya.

Terakhir, telisik kelengkapan surat-surat kendaraan, rekam jejak servis, dan status pajaknya. Bagaimana pun memikatnya mobil tua yang Anda incar, jangan pernah membelinya jika surat-suratnya tidak tersedia, karena bisa berpotensi terjerat masalah legalitas kendaraan di masa depan.

Selamat berburu mobil bekas murah, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar