5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-2)

Berita Otomotif

5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-2)

JAKARTA - Di 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-2) mungkin nama McLaren, Koenigsegg dan Lotus sudah familiar bagi Anda. Namun 2 sisanya cukup asing dan berasal dari Denmark serta Kroasia. 

Setelah 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-1), Mobil123.com melanjutkan 5 mobil kelas sultan part-2. Dari sisi harga tergolong tidak jauh berbeda dengan part-1, masih di bawah Rp 50 miliar per unit.

Yang menarik, ternyata negara-negara Eropa seperti Denmark dan Krosia punya pabrikan pencipta hypercar eksotis. Jadi mulai saat ini, Anda jangan hanya membayangkan 2 negara itu punya prestasi di bidang sepakbola saja, karena sudah terbukti juga berhasil membuat mobil berteknologi tinggi.

Yuk kita simak mobil-mobil apa saja yang ada di “5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-2)”.   

1) McLaren Elva
Harga: $ 1,77 juta (Rp 24.8 miliar)


Mclaren Elva adalah satu dari McLaren Ultimate Series bersama F1, P1, Senna dan Speedtail. Sportscar open top ini terinspirasi dari mobil balap yang dikembangkan oleh Bruce McLaren pada 1960an.

McLaren Elva dilengkapi mesin V8 4.0-liter twin-turbocharged. Memiliki keluaran tenaga sebesar 804 hp dan torsi maksimal 800 Nm. Diklaim mampu berakselerasi cepat, 0 - 100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik.

Elva dibuat sangat terbatas, awalnya akan diproduksi 399 unit saja. Namun seiring berjalannya waktu pada 3 April 2020, Mike Flewitt sang CEO MCLaren mereduksinya menjadi hanya 249 unit saja. Ini lakukan untuk menjaga nilai ekslusivitas, ada juga yang bisik-bisik penyebabnya adalah pandemi Corona.

2) Zenvo TSR-S
Harga: $ 1.8 juta (Rp 25.7 miliar)


Mungkin tidak semua dari Anda mengenal sportscar buatan pabrikan asal Denmark ini. Zenvo TSR-S adalah pengembangan dari Zenvo TS1 GT, dan dikembang khusus untuk di sirkuit.

Perbincangan atau komentar car enthusiast pada Zenfo TSR-S adalah bentuk sayap belakang berbahan serat karbon yang dapat berputar. Apakah ini dapat meningkatkan nilai aerodinamika ?, belum ada jawaban pasti.

Namun pastinya, mobil yang mengendong mesin V8 5.8-liter twin-supercharged bertenaga 1.177 hp ini bisa melesat cepat. Untuk menggapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 2.8 detik dan bisa dipacu hingga kecepatan 325 km/jam.

3) Koenigsegg Gemera
Harga: $ 2.153 juta (Rp 30.1 miliar)


Berbicara Koenigsegg Gemera pasti arah diskusi ketarik ke rekayasa engineer pada sistem penggeraknya. Grand Tourer Plug-in Hybrid 4 seater ini punya mesin unik 3 silider 2.0-liter tanpa camshaft bertenaga besar, 600 hp dan torsi 600 Nm. 

Posisi mesin berada di tengah menjorok ke belakang, namun menggerakkan roda depan. Sementara terdapat 3 motor listrik yang bertugas untuk menggerakkan roda belakangnya, dan punya keluaran tenaga total sangat besar mencapai 1.700 hp serta torsi 3.385 Nm.

Terdapat baterai 16 kWh yang diklaim bisa digunakan hingga 30 km dan 950 km pada mode hydrid. Christian von Koenigsegg mengklaim Gemera dapat berakselerasi 9-100 km/jam hanya dalam waktu 1.9 detik dengan kecepatan maksimal 400 km/jam.

4) Rimac C_Two
Harga: $ 2.5 juta (Rp 35.4 miliar)


Anda mungkin masih asing dengan Rimac C_Two, ini merupakan produk dari pabrikan mobil asal Kroasia bernama Rimac Automobile. Dan hypercar ini murni menggunakan tenaga listrik.

Rimac C_Two sendiri disebut memiliki tenaga yang luar biasa besar yakni mencapai 1.887 hp. Terdapat 4 elektrik motor berpendingin cair yang di letakkan pada masing-masing roda.

Baterai yang digunakan berbahan  Lithium Nickel Manganese Cobalt Oxide (LiNiMnCoO2) 120 kWh. Diklaim punya jangkauan 650 km. Sementara klaim catatan akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 1.85 detik dan dengan kecepatan maksimal 415 km/jam.

5) Lotus Evija
Harga: $ 2.5 juta (Rp 35.4 miliar)


Untuk urusan buat mobil berperforma tinggi, Lotus punya nama besar.  Kali ini pabrikan asal Inggris ini menghadirkan Lotus Evija, sportscar listrik dengan tampilan eksotis dan menggoda.

Lotus Evija mengandalkan 4 motor listrik di masing-masing rodanya yang dikombinasikan dengan sistem transmisi 4 single-speed planetary. Total output dari 4 motor listrik ini mencapai 1.970 hp dan torsi 1.700 Nm.

Pihak Lotus mengklaim sportscar listriknya ini bisa berakselerasi 0-100 kkm/jam kurang dari 3 detik. Sementara kecepatan puncak yang dapat diraih mencapai 320 km/jam.

Nantikan 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-3) hanya di Mobil123.com. Harga mobil-mobilnya bakal makin mahal dan punya keistimewaan tersendiri. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar