5 Kebiasaan Wanita Saat Berkendara

Berita Otomotif

5 Kebiasaan Wanita Saat Berkendara

JAKARTA - Saat ini kaum wanita di Indonesia sudah mandiri. Banyak di antara wanita tidak lagi menggantungkan diri mereka pada kaum pria.

Menyetir sendiri pun sudah mereka lakukan. Nah, inilah kebiasaan baik dan buruk yang sering dilakukan oleh para pengendara wanita.

Saat berkendara, setiap orang memiliki kebiasaan, entah itu kebiasaan baik atau buruk. Bila itu kebiasaan baik, pertahankan. Bila buruk, maka segera perbaiki karena kebiasaan buruk sering kali berujung pada sesuatu yang buruk.

Nah, bicara wanita yang suka berkendara sendiri, inilah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan.

1. Memakai High Heels
Untuk kebiasaan pertama ini termasuk kebiasaan buruk. Berkendara dengan sepatu hak tinggi atau high heels tidak direkomendasikan.

Sebab, kaki menjadi agak sulit untuk bermanuver. Ini membuat respon pengendara saat keadaan darurat atau merespon sesuatu yang mendadak jadi melemah. Pada akhirnya, penggunaan high heels saat berkendara akan berpotensi pada sesuatu hal yang buruk.

Bila Anda memang diharuskan menggunakan high heels saat beraktivitas dan harus menyetir sendiri, maka siapkan flat shoes di mobil. Jadi saat menyetir gunakanlah flat shoes dan ganti dengan high heels ketika akan beraktivitas.

2. Membawa banyak barang
Bagi banyak pengendara ada istilah "mobilku, rumahku". Banyak barang bawaan yang dimasukkan, tidak hanya ke bagasi, tapi ke kabin mobil. Segala macam barang seperti pakaian hingga sepatu ada.

Ada plus-minus dari kebiasaan ini. Sisi baiknya, kebiasaan ini membuat si pengendara selalu siap sedia untuk aktivitas apapun karena sudah ada perlengkapan yang mereka bawa.

Sisi buruknya, kabin mobil terkadang jadi berantakan. Ini yang pada akhirnya mengundang kuman dan penyakit. Berbahaya karena Anda 'terkurung' bersama kuman itu selama minimal 30 menit saat berkendara.

Di sisi lain, bobot kendaraan menjadi berat akibat banyaknya barang bawaan yang tidak perlu masuk ke dalam kabin mobil. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar mobil akan menjadi lebih boros dari yang seharusnya.

3. Suka berdandan dalam mobil
Namanya wanita wajar saja kalah suka berdandan. Ya, berdandan sering kali sudah menjadi suatu keharusan sebelum beraktifitas. Terkadang karena terburu-buru, wanita tidak sempat berdandan di rumah.

Hasilnya, mobil akan menjadi ruang makeup. Namun, jangan berdandan ketika sedang berkendara. Alasannya? Ya karena ini berbahaya. Dengan melakukan aktivitas lain di luar mengemudi, konsentrasi Anda akan pecah dan pada akhirnya akan meningkatkan potensi bencana.

Bila harus berdandan, tunggulah sampai tempat tujuan. Lakukan hal itu saat mobil sudah terparkir dengan aman.

4. Suka menggunakan Ponsel
Ini adalah salah satu kebiasaan paling berbahaya yang dilakukan oleh setiap manusia, entah itu wanita atau pria. Bila Anda punya kebiasaan ini, maka hentikan.

Sebab menggunakan ponsel saat mengemudi akan mengganggu konsentrasi. Terlebih sudah banyak penelitian menyebutkan kalau aktifitas menggunakan ponsel saat berkendara telah menyumbang angka kecelakaan dan korban jiwa yang tidak sedikit di seluruh dunia.

Hampir semua negara melarang penggunaan Ponsel saat berkendara termasuk di Indonesia.

5. Mendengarkan musik dengan volume tinggi
Dari banyak cara melepas kebosanan saat harus berkendara sendiri adalah dengan menyalakan musik dengan volume tinggi. Ini akan sedikit membuat segar ketika kantuk melanda dan sedikit menghilangkan kebosanan.

Namun jangan menyalakan musik terlalu keras karena tidak baik untuk kesehatan pendengaran Anda. 

Selain itu, bila Anda mengemudi dengan musik yang terlalu keras di dalam kabin, pendengaran Anda jadi terganggu untuk mendengar suara dari luar kabin. Klakson dari pengendara lain mungkin saja jadi tidak terdengar.

Ini tentu berbahaya karena dikhawatirkan bisa menimbulkan insiden yang tidak diinginkan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual