5 Jenis Benda yang Timbulkan Bahaya kalau Disimpan di Laci Dasbor Mobil

Panduan Pembeli

5 Jenis Benda yang Timbulkan Bahaya kalau Disimpan di Laci Dasbor Mobil

JAKARTA – Laci dasbor memang menjadi salah satu tempat penyimpanan di dalam mobil. Akan tetapi, jenis benda yang ditaruh di dalamnya juga harus diperhatikan.

Jangan asal menyimpan barang di dalam laci dasbor. Pasalnya, benda-benda tertentu bisa menimbulkan potensi bahaya bagi mobil Anda.

Secara umum, jenis-jenis benda yang dapat memicu potensi ledakan, kebakaran, hingga kemalingan sebaiknya tidak ditaruh di dalam laci dasbor. Apalagi, ketika menyimpannya, mobil sedang Anda matikan dan tinggalkan di tempat parkir sehingga suhu kabin naik.

5 jenis benda bahaya ditaruh di laci dasbor mobil

Berikut jenis-jenis benda yang amat tidak disarankan untuk disimpan di laci dasbor, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000:

  • Korek Api Gas

Korek api gas memang sangat kecil dan secara ukuran amat bisa ditaruh di dalam laci dasbor. Kendati begitu, menyimpan dan meninggalkannya di sana ketika mobil Anda parkir dalam kondisi mati memiliki risiko bahaya.

Tekanan gas dalam wadah korek bisa meningkat akibat suhu panas. Dalam waktu lama, ledakan bisa saja terjadi.

Laci dasbor yang terbuat dari material plastik, sebagai akibatnya, bisa meleleh. Di samping itu, tentu saja mobil dapat terbakar.

  • Kaleng-Kaleng Aerosol, Termasuk Parfum

Beragam kaleng aerosol pun berbahaya jika ditaruh di dalam laci dasbor. Misalnya saja cat kaleng semprot, air purifier kalengan, maupun parfum.

Tekanan gas di dalam kaleng aerosol dapat meningkat dan menyebabkan ledakan kalau kabin mobil panas serta pengap.

5 jenis benda bahaya disimpan di laci dasbor mobil

  • Cairan-Cairan yang Mudah Terbakar

Saat meninggalkan mobil di tempat parkir, jangan sampai ada satu pun jenis cairan yang mudah terbakar di dalam kabin—termasuk laci dasbor. Di antara benda-benda yang masuk kategori ini ialah cairan pelarut cat kuku serta thinner.

  • Perhiasan

Walaupun wadah laci dasbor tertutup, perhiasan-perhiasan milik Anda maupun keluarga sebaiknya juga tidak disimpan dalamnya. Soalnya, kita tidak pernah tahu kapan akan menjadi sasaran tindak kriminalitas seperti pencurian mobil. Jika menaruh perhiasan di dalam kendaraan yang digondol maling, tentu saja nilai kerugian Anda akan makin besar.

Sebelum meninggalkan mobil dalam kondisi mati di garasi atau tempat parkir, selalu ingat untuk mengecek barang-barang apa saja yang terdapat di dalamnya. Kalau melihat salah satu dari lima jenis benda di atas, segera keluarkan dari kabin agar potensi bahaya bisa diminimalisir. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar