Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Q, Termewah Jadi Basisnya Venturer

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Toyota Kijang Innova Q, Termewah Jadi Basisnya Venturer

Toyota Kijang Innova Reborn diluncurkan pertama kali di Indonesia pada November 2015. Saat itu Kijang Innova hadir dalam tiga tipe yakni G, V, dan Q untuk tipe tertinggi. Sebagai tipe teratas, Kijang Innova Reborn Q hadir dengan tampilan lebih mewah, modern, serta nyaman karena memiliki fitur yang paling lengkap.

Sebagai tipe teratas, Toyota Kijang Innova Reborn Q ini ditawarkan dengan dua pilihan mesin dan transmisi. Masing-masing varian terdiri dari mesin diesel turbocharger 2.400 cc dan bensin 2.000 cc dipadukan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 6-percepatan dengan teknologi Sport Sequential Switchmatic pada transmisi tersebut. 

Transmisi otomatisnya bisa dioperasikan layaknya transmisi manual dengan menggeser tuas transmisi ke depan atau ke belakang untuk naik dan turun gigi.

Agak disayangkan, kiprah Kijang Innova Reborn Q berakhir pada 2017. Innova Q diesel kemudian digantikan oleh Toyota Venturer yang jadi trim baru. Itu tadi sekilas profil soal Kijang Innova Reborn Q, berikut ini kami akan membahas beberapa penting dari mobil khas keluarga Indonesia tersebut.

Simak ulasannya berikut ini.

1. Eksterior Kijang Innova Reborn Q Tampil Glamor 

Hal pertama yang membuat tipe Q ini jadi yang paling mahal di jajaran Kijang Innova Reborn ialah karena kelengkapan fiturnya. Toyota Kijang Innova tipe Q saja yang sudah menggunakan head lamp LED, untuk tipe G dan V masih menggunakan lampu halogen dengan multi reflector.

Headlamp Kijang Innova Reborn Q juga memiliki fitur follow me home yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan sementara ketika masuk ke rumah. Fitur ini akan menyalakan lampu sekitar 30 detik setelah mesin dimatikan.

Dikutip dari laman Auto 2000, tipe Q ini juga pakai ukuran velg lebih besar yaitu alloy wheel, 3-spoke, 215/55R17. Sementara Kijang Innova tipe lainnya menggunakan alloy wheel, 2-spoke, 205/65R16.

Pada sisi samping MPV medium ini dilengkapi side moulding dengan aksen krom, serta spion yang sudah dapat dilipat secara otomatis.
Pada sisi belakang, hanya Toyota Kijang Innova tipe Q yang dilengkapi dengan fitur Easy Close Back Door. Tipe Q juga terdapat diffuser pada bumper yang membuatnya terkesan lebih maskulin.

2. Interior Kijang Innova Q yang Tampil Premium

Masuk ke dalam kabin, Kijang Innova Reborn Q terdapat aksen wood panel di beberapa bagian seperti dashboard, setir dan doortrim yang menyuguhkan kesan prestisius. Terdapat fitur illumination light ambience pada plafonnya, yang dapat memberikan kesan nyaman dari warna pencahayaan.

Pengaturan AC di mobil ini sudah berwujud digital, dengan fitur auto A/C. Kemudian setirnya sudah dilengkapi fitur tilt and telescopic agar posisinya lebih ergonomis. Pada setirnya terdapat tombol di sisi kanan dan kiri yang terhubung langsung dengan head unit serta MID di panel instrumen.

Untuk fitur multimedia didukung head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektivitas seperti; voice command, smartphone connectivity, miracast, dan beberapa lainnya.

Head unit tersebut mendukung air gesture yang berfungsi untuk menggeser menu tanpa harus menyentuhkan jari pada layar. Tipe teratas ini juga mendapat tambahan rear seat entertaiment.

Beranjak ke baris kedua, kita disuguhi dengan kursi Captain Seat yang dilengkapi table tray yang bisa digunakan untuk menaruh makanan maupun minuman saat sedang berpergian.

Tak ketinggalan, Toyota memasangi fitur power window yang mendukung auto window serta adanya jam protection untuk semua jendela. Fitur jam protection sendiri memiliki fungsi mendeteksi adanya benda yang terjepit ketika tombol ditekan, sehingga kaca secara otomatis akan kembali terbuka ketika menjepit sesuatu.

3. Fitur Keselamatan dan Keamanan Innova Reborn Q Diesel Lebih Lengkap

Toyota Kijang Innova khusus pada tipe Q Diesel memiliki fitur keselamatan yang paling lengkap, mulai dari Airbag termasuk knee, side dan curtain, VSC + HAC, Emergency Brake Signal.

Selain fitur tadi, Kijang Innova Reborn Q bensin dan diesel sama-sama dibekali convenient rear camera, isofix with Tether Anchor, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal, Hill Start Assist (HSA) serta sistem pengereman ABS dan EBD.

Fitur smart entry hanya tersedia pada Toyota All New Kijang Innova tipe Q. Ini karena Innova Reborn Q telah dilengkapi immobilizer, keyless entry dan alarm system. Kemudian, tersedia Fitur Smart Start and Stop yang memungkinkan pengemudi untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa memutar kontak.

4. Kijang Innova Reborn Andalkan Mesin dan Transmisi Baru

Pada generasi Innova Reborn ini Toyota menghadirkan mesin dan transmisi baru. Untuk mesin baru ada di varian diesel, dimana kapasitasnya menurun jadi 2.4 liter tapi outputnya bertambah. 

Sementara itu untuk transmisi baru ini berupa otomatis konvensional yang kini memakai 6-percepatan. Matic tersebut tersedia pada varian bensin dan diesel. Sistem penggeraknya setia dengan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), karena dinilai lebih tangguh dibandingkan penggerak roda depan.

Toyota Kijang Innova diesel dibekali mesin 2GD-FTV, DOHC, Variable Nozzle Turbocharger with Intercooler berkapasitas 2393 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar  149 PS/3.400 rpm dengan torsi maksimal 342 Nm/1.200-2.800 rpm pada transmisi otomatis, dan 360 Nm/1.200-2.600 rpm pada transmisi manual.

Kemudian pada Kijang Innova Bensin ditanamkan mesin 1TR-FE, DOHC, DUAL VVT-i, 4 silinder inline dengan kapasitas 1988 cc. Dengan mesin ini, mampu menghasilkan tenaga maksimal 139 Ps/5.600 rpm dan torsi maksimal 187 Nm/4.000 rpm.

Pada Innova bensin generasi awal, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 8 kilometer per liter. Begitu Innova Reborn diluncurkan pada tahun 2016, konsumsi varian bensin diklaim lebih irit hingga sekitar 10 persen.

Berdasarkan pengujian dari beberapa pihak, konsumsi BBM Innova Reborn bensin adalah 11,6 km/liter. Sementara untuk konsumsi BBM Innova Reborn Diesel, sedikit lebih irit, yakni 12,5 km/liter dengan varian transmisi matic yang serupa.

Peningkatan efisiensi bahan bakar tadi merupakan hasil transmisi otomatis baru dengan sistem Sport Sequential Switchmatic. Sistem tersebut juga membuat perpindahan gigi semakin presisi, sehingga akselerasi awal yang dihasilkan juga jauh lebih baik.

5. Unitnya Jadi Barang Langka, Harganya Masih Tetap Tinggi

Fakta Penting dari Kijang Innova Reborn Q Diesel ini merupakan barang langka di pasar mobil bekas. Alasannya karena tipe ini hanya sekitar satu tahun dipasarkan, atau selesai pada 2017.

Harga pasaran Kijang Innova Reborn Q Diesel bekas jelas cukup tinggi. Berdasarkan penelusuran kami, unit termurah dijual dengan harga mulai dari Rp275 juta.

Sedangkan untuk tipe bensin nasibnya sedikit lebih baik, unit termuda merupakan keluaran 2018 sebelum varian tersebut dihentikan penjualannya. Varian bensin ini dijual dengan harga termurah mulai dari Rp237 juta.

(YS)

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang