Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Daihatsu Sirion X, Mampu Ungguli Honda Brio dan Toyota Agya

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Daihatsu Sirion X, Mampu Ungguli Honda Brio dan Toyota Agya

Daihatsu Sirion tipe X sebagai sebuah hatchback jelas secara value for money tak kalah oke dibanding city car seperti Honda Brio RS atau Toyota Agya GR Sport. Alasannya jelas, Sirion X harganya lebih murah dari dua city car tadi.

Sebagai perbandingan, untuk Sirion tipe X CVT dijual dengan harga Rp230.350.000. Adapun untuk Honda Brio RS dijual seharga Rp253.100.000 dan untuk Toyota Agya GR Sport Rp259.300.000 untuk single tone. Dengan harga segitu, tentunya Sirion punya banyak hal menarik selain transmisi matic baru D-CVT untuk memikat konsumen.

Sebagai catatan, Sirion X secara tampilan bisa kita kenali dari fisiknya yang bersahaja tanpa aksen body kit, minus side skirt dan spoiler belakang. Karena jadi tipe bawah, Sirion X juga tak memiliki air purifier, tombol retractable untuk pengaturan kaca spionnya, dan belum ada saklar sensor dan kamera parkir yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.

Lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Sirion X sebagai sebuah hatchback paket ekonomis? Berikut ini uraian lengkapnya. 

1. Daihatsu Sirion X Pakai Mesin Serupa Xenia, dengan Transmisi Baru

Daihatsu Sirion X dibekali mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc. Mesin tadi serupa dengan yang digunakan pada Xenia 1.3. Tenaga maksimumnya disebut mampu mencapai 93 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 121 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. 

Soal performa jelas lebih oke ketimbang city car atau LCGC, dan Sirion jelas lebih responsif daripada Xenia. Alasannya, bila dibandingkan dengan saudaranya yang MPV itu, Sirion jelas unggul dari power to weight ratio karena ukurannya yang lebih kecil. 

Sebagai informasi, Sirion X telah didukung sistem transmisi yang lebih modern, yaitu D-CVT. Transmisi CVT yang dikembangkan Daihatsu ini diklaim memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi dengan menyesuaikan putaran mesin serta perpindahan gigi terasa lebih halus.

Rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada rasio putaran rendah dan tinggi. Ini memungkinkan mobil berakselerasi lebih bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

2. Desain yang Stylish dengan Kabin yang Lebih Luas

Desain Daihatsu Sirion terbaru masih menunjukkan kesan sporty seperti generasi sebelumnya. Kini sistem pencahayaan kian modern ditambah lampu berteknologi LED yang membuatnya makin canggih.

Untuk menguatkan kesan elegan, grill Daihatsu Sirion terbaru yang semakin besar, ditambah list krom memanjang yang dibuat terkesan menyatu dengan dua lampu kanan dan kiri.

Perlu diketahui, Sirion merupakan sebuah mobil hatchback yang kelasnya setara Suzuki Baleno, Toyota Yaris, hingga Honda City Hatchback. Hanya saja, Daihatsu menjual Sirion dengan kelas harga setara city car.

Artinya untuk kelas harga tersebut, Sirion unggul dari sisi keluasan kabin yang lebih besar. Ini bisa dilihat dari ruang kaki di baris kedua dan bagasi pada Sirion yang lebih luas bila dibandingkan Brio atau Agya.

3. Fitur Multimedia Modern dan Fungsional

Sebagai fitur hiburan dan multimedia, Daihatsu membekali Sirion X dengan head unit baru yang mendukung konektivitas USB, Bluetooth, dan HDMI. Untuk pengaturannya juga telah dilengkapi switch control steering yang bisa diakses pengemudi dari tombol di setir. 

Head unit layar sentuh ini telah memiliki fitur Smart Link untuk koneksi dengan ponsel pintar via Apple Car Play dan Android Auto. Pada panel instrumen, sudah tersedia MID dengan layar 4,2 inci. Setirnya terdapat fitur tilt steering yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan ketinggian setir sesuai dengan postur tubuh mereka.

Interiornya juga semakin modern dengan pengaturan AC digital. Fitur ini dapat memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk mengatur suhu AC interior Sirion dengan lebih akurat. Kelebihan fitur ini adalah kemampuannya untuk mendeteksi suhu di luar mobil. 

Fitur lainnya berupa peringatan pemakaian seatbelt, tilt steering, pengaturan jok pengemudi, serta tombol untuk membuka dan mengunci pintu.

Untuk kebutuhan penyimpanan barang bawaan, terdapat Cup and Bottle Holder. Kompartemen ini merupakan bagian dari interior Sirion yang berfungsi untuk meletakan botol maupun cup minuman sehingga tidak berantakan atau tertumpah di dalam mobil. Kompartemen ini terletak di belakang tuas transmisi, sisi pintu depan dan belakang.

4. Fitur Keselamatan dan Keamanan Cukup Oke Di Kelas Harganya

 

Walau bukan tipe tertinggi, Sirion X telah dibekali beragam fitur keselamatan modern. Fitur perlindungan di mobil ini mulai dari 4 airbags di depan, seatbelt 3 titik, ISOFIX, HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, hingga kamera parkir. 

Fitur pelengkap lain berupa headlamp leveling yang bisa mengatur ketinggian sorot cahaya headlamp agar tidak menyilaukan pengguna jalan lain saat berpapasan.

Kemudian untuk fitur keamanan di mobil ini memiliki speed sensing door lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu, key free, engine start-stop button serta alarm untuk menghindari dari aksi pencurian.

Menariknya, Sirion X sudah terdapat fitur idle stop, yang dapat mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dalam hitungan waktu tertentu.

5. Harganya Terjangkau Untuk Ukuran Mobil Impor

Daihatsu Sirion diimpor secara utuh dari Malaysia oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini diproduksi dengan basis dari mobil terpopuler di Negeri Jiran itu, Perodua Myvi. Meskipun statusnya mobil CBU (completely built up), namun harganya tergolong ramah kantong.

Ada dua varian yang ditawarkan, yakni X CVT untuk tipe terendah dengan harga Rp230.350.000. Sementara itu harga varian tertingginya Rp239.550.000 juta saja. Harga tersebut cukup ekonomis bila melihat fitur serta performa mesin yang lebih unggul dari city car.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang