Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Fakta Penting Mazda VX-1, Kembaran Ertiga Versi 'Mahal'

Panduan Pembeli

5 Fakta Penting Mazda VX-1, Kembaran Ertiga Versi 'Mahal'

Mazda pernah mencoba peruntungan di segmen low MPV dengan menghadirkan VX-1, yang menggunakan platform dari Suzuki Ertiga. VX-1 merupakan produk arahan dari Mazda Corporation hasil bekerja sama dengan Suzuki. 

Rebadge ini tidak sekedar ganti logo tapi juga memoles 'Ertiga' sesuai taste Mazda yang merupakan brand mahal. Meski memiliki platform yang sama, namun penjualan Mazda VX-1 bisa dikatakan tidak sesukses saudara kembarnya.

Terakhir, Mazda meluncurkan model facelift VX-1 pada awal tahun 2016. Mazda VX-1 hadir dengan dua pilihan tipe yaitu R Metro dan V Metro. Masing-masing tipe diberi pilihan transmisi otomatis dan manual. Beberapa perubahan juga dilakukan pada interior guna menambah kenyamanan berkendara.

Ketika itu, Mazda menjual VX-1 R Metro M/T dan A/T dengan harga masing-masing Rp 208,9 juta dan Rp 221,5 juta. Sedangkan VX-1 V Metro A/T Rp 213 juta dan VX-1 V Metro M/T Rp 200,5 juta. 

Kini, harga bekas Mazda VX-1 dijual mulai dari Rp88 juta. Unit yang ditawarkan relatif sedikit karena dulu VX-1 baru juga jarang peminatnya. 

Dengan label brand Mazda, apakah VX-1 ini menarik untuk dimiliki? Apa saja sisi menarik dari MPV ini bila dibandingkan Suzuki Ertiga? Simak Ulasannya berikut ini. 

1. Penampilan Mazda VX-1 Lebih Premium

Sosok Mazda VX-1 mengambil basis dari Suzuki Ertiga generasi pertama. Mobil ini  memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Secara penampilan, terdapat beberapa upgrade yang membuatnya jadi lebih berkelas. 

Mazda VX-1 memiliki satu bilah chrome saja. Sementara pada Suzuki Ertiga terbaru chrome grille depan terdiri dari 3 baris. Mazda VX-1 juga memiliki body kit yang lebih sporty mulai dari bumper depan, side skirt dan rear bumper dibuat lebih aerodinamis dan lebih landai. 

Lebih lanjut, VX-1 juga dilengkapi dengan side moulding yang terletak pada bagian pintu kanan dan kiri, tujuannya untuk melindungi mobil dari goresan saat pintu mentok tembok atau mobil lain di parkiran. Untuk menambah kesan mewah, Mazda VX-1 mendapat tambahan chrome door handle dan chrome door step plate. 

Interior Mazda VX-1 lebih mewah karena memakai bahan kulit dan ada terdapat wood panel di dashboard dan knob transmisi, dimana Suzuki Ertiga generasi pertama belum mendapat wood panel. 

2. Spesifikasi Mesin Sama Persis dengan Ertiga

Mazda VX-1 ini dibekali mesin K14B yang sama persis dengan kepunyaan Ertiga. Secara data, mesin DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection ini menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 130 Nm @4.000 rpm. 

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Mesin K14B milik Ertiga ini terkenal irit dan memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. 

Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi BBM mampu menempuh jarak 12-13 km/liter. Berbeda jika mengemudikannya di jalur bebas hambatan dengan kecepatan konstan, Mazda VX-1 dapat meraih angka konsumsi BBM mencapai 18 km/liter.
 
Jangan khawatir, karena  hampir seluruh komponen VX-1 ini sama seperti Ertiga. Bahkan, kamu bisa melakukan servis rutin di bengkel Suzuki layaknya Ertiga biasa. 

3. Fitur di Interior yang Proporsional

kesan mewah ditonjolkan Mazda VX-1 baik body kit, leather seat, wood panel. Hal yang juga membedakan adalah adanya fitur outside temperature. Satu keistimewaan kecil Mazda VX-1 yaitu kita bisa mengetahui suhu luar.

Mazda VX-1 disematkan fitur yang memadai untuk sebuah Low MPV. Mobil ini telah mendapatkan Head Unit Double Din yang didukung dengan format CD Player, MP3 Player, USB maupun AUX in iPod/iPhone. Di bagian setir, terdapat Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan pada sistem audio.

Pada ruang kemudi juga terdapat layar MID pada Instrument Cluster. Fitur pelengkap lainnya berupa Power Window, Electric Mirror with Retractable, AC Double Blower, Tilt Steering, Electric Power Steering, Seat Sliding, reclining dan height adjuster (driver).

Ada kelemahan yang membuat Mazda VX-1 awalnya sempat kurang dilirik, yaitu hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual, sedangkan Ertiga GX sebagai tipe termahal di 2013 sudah punya transmisi otomatis. Untungnya, Mazda mendengar keluhan tersebut dan kemudian menyediakan varian otomatis pada VX-1 facelift. 

4. Suspensi yang Nyaman dan Handling Oke

Karena memakai basis dari Ertiga, maka kaki-kakinya pun bisa diandalkan. Mazda VX-1 didukung suspensi MacPherson Strut with Coil Spring di roda depan serta Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakang. 

Karakter suspensinya terbukti menghasilkan ayunan yang empuk ketika melewati jalanan berkontur. Meskipun suspensinya cukup empuk, namun handling yang dihasilkan cukup baik karena gejala understeer maupun body roll pada mobil ini bisa dikatakan minim.

5. Fitur Keselamatan yang Cukup Modern

 fitur keselamatan, Mazda VX-1 mendapatkan Side Impact Beam, Collapsible Steering Column, Dual Front SRS Airbags, Anti-Lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta seatbelt di setiap bangkunya.

Untuk sistem keamanannya, VX-1 didukung Power Door Locks, Immobilizer dan Security Alarm.

Kesimpulan 

Mazda VX-1 merupakan MPV Rp 200 juta-an yang meluncur di Indonesia pada 2013. MPV ini adalah versi rebadge dari Ertiga dan diproduksi oleh pabrik Suzuki di Indonesia. Umur VX-1 sendiri relatif singkat, dimana low MPV tersebut harus purna bakti alias pensiun dijual pada awal 2017 atau hanya bertahan sekitar empat tahun saja.

Walaupun produknya kurang populer di jagad industri otomotif Indonesia, namun Mazda VX-1 ini punya built quality yang baik dan perawatan yang mudah. Jelas saja karena VX-1 ini basisnya dari Ertiga yang mendapat beberapa ubahan kosmetik. 

harga pasaran bekas Mazda VX-1 kini lebih terjangkau daripada Ertiga di tahun yang sama. Hal inilah yang tidak diketahui oleh sebagian orang. Bahkan soal perawatannya pun sama saja karena memang Mazda VX-1 tidak mengubah spesifikasi teknis dari Ertiga. 

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang