Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Fakta Menarik Honda Vario 110 LED, Dianaktirikan Karena Bermesin Beat

Panduan Pembeli

5 Fakta Menarik Honda Vario 110 LED, Dianaktirikan Karena Bermesin Beat

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda Vario 110 cc dengan teknologi injeksi pada Maret 2014. Secara segmen, Vario 110 berlampu LED ini jadi model termurah di keluarga Vario series. 

Honda New Vario 110 eSP ini merupakan generasi ketiga dari seri vario 110. Sebelumnya, AHM telah merilis Vario 110 karburator Gen 1 (Vario Agnes) dan Vario Techno 110. 

Sebagai informasi, jenis mesin yang digunakan pada Vario 110 LED ini sama seperti yang digunakan oleh Beat, yaitu mesin 110 cc berpendingin udara dengan kipas. Ini seperti sebuah downgrade dimana Vario sejak generasi pertama memakai pendingin radiator untuk mesinnya.

Sayangnya, kiprah Vario 110 FI ini harus selesai pada tahun 2020. AHM selaku produsen beralasan bila konsumen saat ini lebih membutuhkan sepeda motor yang lebih sporty, bergaya dan lebih segar.

Lantas, apakah Vario 110 LED ini tidak menarik untuk dimiliki? Oh belum tentu, untuk itu kami akan mengulas poin penting yang membuat skuter ini ideal untuk kalian yang sedang ingin beli motor bekas.

1. Harga Bekas Honda Vario 110 LED Masih Bertahan

Sebagai model termurah di keluarga Vario series, Vario 110 LED ini harga bekasnya ternyata relatif stabil dan cukup tinggi. Berdasarkan penelusuran kami, harga pasaran Vario 110 LED dalam kondisi layak ini mulai dari Rp6,7 juta dengan kondisi pajak mati dua tahun. 

Lebih lanjut, harga pasaran Vario 110 LED dalam kondisi layak ini mirip-mirip dengan Vario Techno 125 KZR di kisaran Rp8 juta hingga Rp10 juta. Melihat fakta tersebut, kalian tinggal menyesuaikan kebutuhan apakah ingin skuter yang mungil dan lincah atau skuter dengan mesin yang performanya lebih galak.

2. Usung Beragam Teknologi Baru dan Lampu LED yang Modern

AHM juga menyematkan lampu teknologi LED pada lampu "dual keen eyes" di Vario 110 FI. Headlamp ini memiliki daya tahan lama dengan intensitas cahaya lebih terang dibandingkan lampu biasa. 

Lampu LED honda Vario ini membuat lampu sorot Honda Vario 110 FI lebih terang hingga 80% dari lampu biasa dan lebih hemat hingga 80% juga. Sementara itu pada lampu belakang, Honda membekalinya dengan bentuk stoplamp yang lancip, namun masih memakai bohlam halogen biasa. 

Fitur baru yang disematkan pada New Vario 110 FI itu adalah answer back system yang memberikan kemudahan bagi pengendara mencari sepeda motornya di tempat parkir. Fitur answer back system ini baru diaplikasikan pertama kali pada sepeda motor yang diproduksi di Indonesia.

Fitur lain yang hadir sebagai kelengkapan standar pada Vario 110 antara lain:

  • Standar samping otomatis (side stand switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun.
  • Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor bergerak atau terjatuh saat diparkirkan
  • Magnetic secure key shutter (kunci berpengaman magnetic) yang kini telah terintegrasi dengan tombol pembuka jok (seat opener button).

3. Dimensi yang Mungil Agar Lincah Bermanuver

Desain body pada Vario 110 ini masih mempertahankan lekukan tajam yang tentunya aerodinamis. AHM masih mempertahankan bentuk bodi Vario 110 lawas.

Pada bagian speedometer dan penunjuk bensin menggunakan jarum analog. Untuk menampilkan kesan modern, pada tutup panel disematkan cover beraksen silver.

New Vario (110) FI tersebut dibuat untuk konsumen yang tidak terlalu fokus pada teknologi dan tenaga. Model ini disiapkan untuk konsumen yang lebih suka pada sepeda motor yang elegan, ramping, dan posisi berkendara duduknya lebih rendah. 

Honda Vario 110 ini memiliki bodi paling kecil jika dibandingkan dengan saudaranya Vario 125 dan Vario 150. Dimensi vario 110 terbaru ini memiliki ukuran 1.888 mm x 679 mm x 1.091 mm dengan bobot kosong 96 kg. Rodanya berukuran 14 inci, dan dibalut ban tubeless berukuran 80/90 dan 90/90.

Bagasi yang dimiliki vario 110 seri terbaru ini cukup luas, yakni 13 liter. Tentu ini diperuntukan bagi kamu yang butuh penyimpanan barang bawaan berukuran besar. 

New Honda Vario dibuat lebih rendah 24 mm dibandingkan model sebelumnya, sehingga ketinggian jok hanya 734mm. Namun, ground clearance (jarak terendah ke tanah) tetap lebih tinggi yaitu 140 mm. Dengan dimensi yang relatif mungil, motor ini cocok sekali untuk dipakai harian.

4. Performa Mesin 110 cc yang Irit Ala Honda Beat

Dibekali mesin 110 cc PGM-FI, performa yang dihasilkan cukup baik dan hemat BBM. Mesinnya pun sudah mengusung injeksi seperti BeAT FI, sayangnya belum memakai radiator. 

Mesinnya berkapasitas 108,2 cc SOHC satu silinder berpendingin udara. Jantung mekanis itu sanggup menghasilkan tenaga maksimal 8,7 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Skuter ini memakai sistem transmisi CVT sebagai penyalur tenaga ke roda belakang.

Mesin baru 110 cc berteknologi PGM-FI yang dilengkapi pendingin udara, membuat New Honda Vario menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih irit bahan bakar sebesar 26 persen dari model sebelumnya, sehingga konsumsi BBM mencapai 56,3 km/liter.

Kemudian pada tanggal 4 September 2015, PT AHM meluncurkan Honda Vario 110 eSP yang telah dilengkapi dengan teknologi eSP. Pabrikan berlambang sayap juga memberi fitur ACG starter untuk membuat mesin senyap saat dihidupkan.

Lebih lanjut, pada Vario 110 eSP CBS-ISS ditambahkan dua fitur spesial: idling stop system (ISS) dan answer back system. Guna ISS untuk menghemat konsumsi bahan bakar agar tidak terbuang percuma saat motor berhenti cukup lama. 

Cara kerjanya, ECU akan menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Mesinnya bisa langsung menyala lagi saat tuas gas diputar tanpa harus memencet tombol starter.  

5. Didukung Suspensi Nyaman dan Rem CBS

Kenyamanan berkendara juga didukung suspensi yang mumpuni pada shock depan maupun belakang. Tidak hanya didukung suspensi yang empuk, tetapi Vario 110 FI juga didukung dengan sistem pengereman yang handal.  

Menggunakan rem cakram hidrolik pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang yang dipadukan lewat teknologi Combi Brake System membuat pengereman menjadi lebih aman dan nyaman.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang