Catat Nih! 5 Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis

Panduan Pembeli

Catat Nih! 5 Ciri Kampas Rem Mobil Mulai Habis

JAKARTA – Rem merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting, karena berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan.

Sedikit kerusakan saja maka mobil bisa meluncur tanpa terkendali, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.Oleh karena itu, pemilik mobil atau pengemudi harus mengetahui ciri-ciri kampas rem kendaraan sudah mulai habis.

Berikut adalah ciri-ciri umum yang ditemukan saat kampas rem mobil mulai habis atau rusak.

Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Ciri Kampas Rem Mulai Habis

Ciri paling mudah dirasakan adalah adanya getaran asing saat menginjak pedal rem. Kondisi ini disebabkan oleh permukaan kampas rem yang tidak lagi rata, sehingga piringan cakram tidak mencengram sempurna dan menyebabkan getaran.

Getaran tersebut tidak hanya akan terasa pada pedal rem, tapi juga berdampak pada kemudi. Kondisi ini tentu sangat berbahaya bila dibiarkan, karena bisa menyebabkan kecelakaan khususnya bila mobil tengah melaju kencang.

Pedal Rem Terasa Dalam

Pedal rem harus ditekan terlalu dalam untuk memperlambat laju mobil. Ini juga menjadi salah satu indikator kerusakan pada rem.

Apabila kampas rem masih tebal maka akan lebih mudah untuk mencengkram piringan cakram dan membuat kecepatan mobil akan berkurang.

Jarak Pengereman Semakin Panjang

Ciri Kampas Rem Mulai Habis

Jarak pengereman yang semakin panjang merupakan salah satu ciri bahwa rem kendaraan sudah tidak lagi sehat. Hal ini disebabkan oleh daya tekan kampas rem pada piringan cakram sudah tidak merata, sehingga luas penampang rem pun semakin kecil. Kondisi ini membuat tenaga pengereman menjadi kurang maksimal.

Saat sudah memasuki kondisi ini maka tidak ada jalan lain selain melakukan perbaikan dan penggantian kampas rem secepatnya guna menghindari terjadinya kecelakaan.

Selain itu, pastikan juga mengendarai kendaraan dengan kecepatan rendah agar tidak membuat rem bekerja terlalu keras.

Terdengar Suara Berdecit

Keluar suara berdecit saat menginjak rem, umumnya juga disebabkan oleh habisnya kampas rem mobil. Biasanya, kampas rem yang sudah mulai habis akan menyisakan besi saja sehingga pengereman justru dilakukan oleh besi tersebut.

Besi yang bertemu cakram akan menyebabkan suara berdecit yang tentunya berbahaya saat berkendara.

Volume Minyak Rem Bekurang

Kemudian, minyak rem yang berkurang juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem telah menipis.

Minyak rem bisa diperiksa melalui kap mobil. Bila volume minyak turun meski tidak ada kebocoran, maka ada kemungkinan bahwa kampas rem mobil sudah habis.

Hal ini disebabkan oleh kampas rem yang menipis akan memaksa piston bergerak atau terdorong lebih jauh dan keluar serta menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper. Kondisi ini membuat minyak rem juga akan berkurang volumenya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar