5 Cara Mudah Hilangkan Lecet di Bodi Motor

Berita Otomotif

5 Cara Mudah Hilangkan Lecet di Bodi Motor

JAKARTA – Bodi motor yang mulus adalah impian dari seluruh pemilik kendaraan. Terutama yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Khusus di Ibukota dengan jalanannya yang super padat, tentunya akan sangat sulit mempertahankan bodi motor untuk tetap mulus seperti baru. Namun tidak perlu khawatir karena jika tidak terlalu dalam (lecetnya) maka masih bisa dihilangkan dengan cairan kimia. Berikut 5 cara mudah menghilangkan lecet di bodi motor mengutip dari Astra Motor.

Membersihkan bodi motor dari kotoran yang ada

Hal paling pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan lecet di bodi motor yaitu dengan membersihkannya. Misalnya saja motor yang kamu miliki habis terjatuh di jalan, pastinya ada kotoran yang menempel di bagian motor. Untuk membersihkannya juga sangat mudah, Anda hanya memerlukan air dan sampo yang dikhususkan untuk motor.

Campur air dan sampo, setelah aduk hingga merata dan balurkan ke bodi motor. Setelah itu bersihkan bagian motor yang kotor. Pastinya lecet akan terlihat lebih baik setelah dibersihkan. Cara ini memang gak bisa menghilangkan lecet secara keseluruhan, tapi setidaknya penampilan motor akan lebih cantik.

Gunakan scratch remover

Suatu cairan yang bisa menyamarkan lecet atau baret pada body motor disebut dengan scratch remover. Bentuknya seperti lem dan cara penggunaannya juga praktis banget. Anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung pada bagian yang lecet. Tapi lecetnya harus yang dangkal. Agar lecet tampak memudar, gunakan kain microfiber. Lakukanlah secara berulang.

Melakukan pengamplasan

Lecet yang terjadi pada body motor bisa saja ringan atau dalam. Lecet akan semakin parah jika tekanan pada body motor semakin dalam. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui apakah lecet ringan ataupun berat agar bisa mengambil langkah yang tepat. Karena untuk lecet yang ringan, bisa menggunakan cara pengamplasan untuk menyamarkannya.

Gunakanlah amplas dengan tekstur yang lembut, setelah itu amplas bodi motor yang mengalami lecet ringan. Amplaslah hingga lecet lebih merata dari sebelumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu harus berhati-hati saat mengamplasnya karena bisa saja amplas akan melukai body motor yang tidak terkena lecet, sehingga penampilannya menjadi lebih tidak menarik.
Hilangkan Lecet di Bodi Motor

Perlu di ingat bahwa pengamplasan harus dilakukan pada bodi motor yang keadaannya basah. Terlebih dahulu amplas juga harus dierendam dalam air. Amplas bodi secara perlahan, setelah itu basuhlah dengan air. Gunakan kain bertekstur lembut untuk mengeringkan bodi.

Gunakan compound

Jika body motor masih terlihat lecet dan kurang indah, coba deh gunakan compound pada bagian yang sebelumnya sudah di amplas. Bentuk compound ini seperti cairan atau krim untuk mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan kain. Gosok dengan kain sampai lecet tidak terlihat lagi dan bodi terlihat lebih kinclong.

Gunakan pasta gigi

Ternyata bahan yang sering ada di setiap rumah dan harganya terjangkau seperti pasta gigi atau odol juga bisa menyamarkan lecet pada body motor, lho. Partikel yang ada di pasta gigi bisa digunakan sebagai amplas.

Sebelum mengaplikasikan pasta gigi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu body yang lecet dengan air. Selanjutnya berikan beberapa bagian pasta gigi pada bagian yang lecet dan gosok perlahan dengan sikat bekas. Setelah itu bilas dengan air beberapa kali dan ulangi proses ini hingga lecet memudar. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar