4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Masuk Tol Cipali

Panduan Pembeli

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Masuk Tol Cipali

CIREBON - Jika Anda ingin masuk ke jalan tol Cipali (Cikopo-Palimanan), pastikan Anda menyadari beberapa hal berikut ini agar tidak merasa bingung di sepanjang 116,75 km.

  1. Isi penuh tangki BBM mobil Anda. Di Cipali, ada 4 SPBU yang akan dioperasikan di 4 rest area kelas A. Keempatnya dibagi rata baik dari arah Jakarta-Palimanan maupun sebaliknya. Namun dari 4 SPBU, baru ada 1 SPBU yang beroperasi. Seluruh SPBU akan beroperasi menjelang arus mudik 2015. Jadi pastikan Anda telah mengisi BBM lebih dahulu.
  2. Istirahat yang cukup. Rencananya, akan ada 8 rest area yang terdiri dari 4 kelas A dan 4 kelas B. Dari seluruh rest area tersebut, yang beroperasi baru 1 rest area. Maka tidak ada salahnya bila Anda istrirahat lebih dahulu sebelum masuk tol Cipali.
  3. Tetap waspada. Kontur jalan tol Cipali lurus dan datar. Rute ini, tampaknya, lebih mudah dibandingkan dengan tol Cipularang. Namun, justru ‘kemudahan’ tersebutlah yang membuat banyak pengendara menekan pedal gas dalam-dalam, padahal ini sangat berbahaya. Selain itu, rute Cipali memiliki potensi besar untuk membuat pengendara mengantuk dan ditambah dengan kurang disiplinnya para pengendara yang mendadak memutar arah.
  4. Sabar. Di Gerbang tol Cikopo, Anda akan menemukan antrian yang sangat panjang khususnya di jam-jam sibuk. Hal ini disebabkan pada gerbang tol Cikopo terjadi 2 transaksi. Transaksi pertama adalah pembayaran tol Jakarta-Cikampek (Cikopo) dan kemudian anda diberikan kartu tol Cipali. Kondisi serupa di arah sebaliknya, di mana anda harus membayar tol Cipali dan kemudian diberikan kartu tol Jakarta-Cikampek.

    Kondisi tersebut masih diperparah dengan kurangnya jumlah kartu tol Cipali yang sering kali habis. Jika Anda mengalaminya, tak perlu membunyikan klakson. Karena itu adalah hal yang sia-sia dan justru mengganggu para pekerja tol dan pengendara lain. Sabar saja, Anda tetap akan dilayani. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual