26 Mobil Sewaan Hilang Dicuri, Pelakunya Ternyata Orang Dalam

Berita Otomotif

26 Mobil Sewaan Hilang Dicuri, Pelakunya Ternyata Orang Dalam

ARIZONA - Puluhan mobil sewaan milik dua perusahaan rental kendaraan di Phoenix, Arizona Amerika Serikat hilang dalam waktu berdekatan. Selidik punya selidik, pelakunya ternyata orang dalam.

Memiliki karyawan yang jujur memang sangat penting. Jika tidak, mereka bisa menggelapkan aset-aset kantor.

Bagi mereka yang iseng, penggelapan mungkin hanya berupa barang-barang kecil atau uang dalam jumlah sedikit. Akan tetapi, untuk yang mempunyai bakat kriminal tinggi, barang yang digelapkan bisa sangat mahal.

Penggelapan mobil-mobil di dua perusahaan rental Amerika Serikat itu sendiri dilakukan oleh tiga orang. Mereka, menurut Auto Evolution baru-baru ini, akhirnya ketahuan menggelapkan 26 unit mobil sewaan di tempat mereka mencari nafkah.

Pelakunya bernama Rick White (23), Tyshawnee Collins (20) dan Dwayne Cantley (45). Mereka telah ditangkap dan ditahan oleh kepolisian setempat pada Mei ini.

White and Cantley bekerja bagi perusahaan rental Hertz. Sementara, Collins adalah karyawan di jasa penyewaan mobil bernama Enterprise yang berlokasi di Bandara Sky Harbor.

Ke-26 mobil yang hilang adalah model-model kendaraan penumpang maupun double cabin pick-up terkini di pasar Amerika Serikat (AS). Uniknya, sebanyak 21 di antaranya ditemukan di Meksiko.

Polisi masih menginvestigasi kasus ini. Otoritas keamanan ‘Negeri Paman Sam’ menduga ketiga orang tersebut merupakan bagian dari sindikat yang lebih besar lagi, mengingat banyak dari kendaraan curian berhasil diselundupkan ke negara tetangga.

Salah satu yang kini diselidiki adalah apa yang bakal dilakukan ke mobil-mobil itu setelah sampai ke Meksiko.

Tidak banyak detail yang dibuka ke publik mengenai kronologi penggelapan. Namun, salah satu narasumber yang mengetahui permasalahan mengatakan bahwa ketiganya mengemudikan kendaraan dengan dalih ingin mendatanya, untuk kemudian mengeluarkannya dari tempat parkir dan membawanya kabur.

Seseorang yang sadar atas hilangnya mobil-mobil tersebut lantas melaporkannya ke polisi.

Baik Hertz maupun Enterprise menolak memberikan komentar apapun kepada media massa. Mereka menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut oleh kepolisian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar