2030 Seluruh Mobil di India adalah Mobil Listrik

Berita Otomotif

2030 Seluruh Mobil di India adalah Mobil Listrik

NEW DELHI – Penggunaan kendaraan listrik (EV) saat ini memang masih sangat terbatas. Namun India justru sangat optimis dan menargetkan pada tahun 2030, seluruh mobil di India merupakan mobil listrik.

India memiliki jumlah penduduk terbesar kedua di dunia. Karena itulah, beragam masalah seringkali muncul pada negara tersebut. Sebut saja polusi udara, overpopulation, tingginya angka kemiskinan dan kemacetan lalu lintas.

Masalah-masalah tersebut tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat, namun salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menentukan jenis kendaraan yang digunakan masyarakat.

Artikel bersambung dibawah

Berdasarkan proposal yang diajukan oleh Road, Oil and Power Ministers (Menteri Perhubungan, Minyak dan Energi), mereka hendak memberikan program zero down payment untuk pembelian mobil listrik. Mereka beranggapan bahwa EV lebih murah beroperasi dibandingkan dengan kendaraan bermesin tradisional. Masyarakat pun bisa mencicil kendaraan listriknya dengan dana yang tersisihkan dari pembelian BBM.

Terdengar tidak masuk akal memang, tapi hal ini bisa saja berhasil. Setengah populasi berpotensi berada dalam jeratan hutang dan Pemerintah mengambil resiko besar termasuk besarnya investasi yang harus disiapkan. Namun, mereka tampaknya benar-benar akan menjalankannya.

“India bisa menjadi negara pertama yang menggunakan 100% kendaraan listrik. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan sendirinya. Kami tidak membutuhkan 1 rupee pun bantuan dari Pemerintah. Kami tidak butuh 1 rupee pun investasi dari orang India.”

Antusiasme masyarakat memang tinggi, tapi para politikus juga akan bicara. “Kami akan mengadakan pertemuan pada awal April dan melihat apakah India dapat menjadi negara dengan 100% kendaraan listrik dijalannya pada tahun 2030,” tutupnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support