2030 Jerman Haramkan Mesin Bakar Internal

Berita Otomotif

2030 Jerman Haramkan Mesin Bakar Internal

Munchen – Dalam kurun waktu 14 tahun ke depan, mesin bakar internal baik bensin maupun diesel dilarang untuk dijual di Jerman.

Dewan Federal Jerman baru-baru ini mengeluarkan resolusi yang menyerukan larangan penjualan kendaraan mesin konvensional baik bensin maupun diesel dimulai tahun 2030.

Jadi mulai tahun itu hanya ada kendaraan non emisi yang akan dijual disana. Pilihannya hanya bisa pada kendaraan listrik atau bahan bakar hidrogen.

Dengan aturan ini, era baru dalam industri otomotif rasanya akan mulai masuk kebabak baru. Dan tak salah jika akseralasi dalam aturan ini berlangsung cepat, bukan tidak mungkin perlahan tapi pasti akan “membunuh” penggunaan mesin bakar konvensional.

Dewan Federal Jerman selanjutnya meminta Komisi Eropa untuk menerapkan aturan yang sama di negara-negara Uni Eropa. Tak hanya itu Dewan Federal Jerman juga meminta Komisi Eropa untuk meninjau kembali kebijakan perpajakan.

Dan ubahan aturan pajak baru nanti diharapkan akan memiliki efek untuk dapat merangsang penggunaan kendaraan bebas emisi. Artinya jelas ini akan melibatkan insentif pajak yang lebih menggiurkan para pengunkendaraan bila membeli mobil tanpa emisi gas buang.

Jika nantinya aturan ini berlaku akan memberi dampak terbalik pada beragam hal. Seperti contohnya, otomatis aturan mengenai keringanan pajak untuk mobil-mobil diesel di negara-negara Uni Eropa akan hilang.

Dan memang aturan makin ketat soal standar emisi yang lebih ketat, perlahan tapi pasti akan membunuh mesin diesel. Dengan aturan ini pabrikan akan semakin kesulitan untuk mendevelop mesin diesel dan tentunya akan memakan banyak biaya. Sementara bagi konsumen sudah tidak menguntungkan lagi untuk membeli mobil diesel, karena pasti harganya lebih mahal berikut dengan beban pajaknya.

Forbes mencatat bahwa meski mesin diesel masih populer di Eropa, namun belakang pendaftaran kendaraan baru dengan mesin diesel menurun tajam khususnya bulan Agustus lalu. Selain perihal aturan di atas, skandal emisi mesin diesel yang dilakukan VW juga menjadi penyebabnya.

Mari tunggu kabar berikutnya serta implementasi aturan-aturan baru ini. Dan bersiap menjadi generasi yang menyaksikan punahnya mesin konvensional. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support