Sudah 1,9 Juta Toyota Kijang Terjual Sejak 1977

Berita Otomotif

Sudah 1,9 Juta Toyota Kijang Terjual Sejak 1977

JAKARTA – Toyota Kijang, yang kemudian menjadi Kijang Innova, secara total sudah membukukan penjualan nyaris dua juta unit selama 43 tahun di Indonesia.

Multi purpose vehicle (MPV) tersebut adalah salah satu dari sedikit model paling ikonik sekaligus paling awet di pasar otomotif nasional. Peluncuran dan penjualan perdananya terjadi pada 9 Juni 1977 hingga sekarang.

Di umurnya yang sudah lebih dari empat dekade, Kijang dan Kijang Innova, menurut pernyataan pers dari Toyota pada awal pekan ini, sudah terjual lebih dari 1,9 juta unit. Mantan mobil murah yang sekarang sudah berharga Rp 300 – 400 jutaan itu Toyota sebut sebagai potret sosial ekonomi bangsa Indonesia.

“Metamorfosa Kijang dari bentuk yang sangat sederhana di tahun 70-an menjadi kendaraan berkualitas global seperti sekarang ini menjadi cerminan bahwa kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta ini meningkat pesat selama lebih dari 40 tahun terakhir. Terima kasih atas kepercayaan yang senantiasa diberikan oleh pelanggan sehingga Toyota dapat terus memberikan kontribusi terbaik kepada Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Kijang Innova sendiri merupakan sebutan untuk generasi kelimanya. Mulai generasi ini, Kijang masuk ke dalam proyek IMV (International Multipurpose Vehicle (IMV) bersama Fortuner serta Hilux.

Pada 17 Agustus 2020, Toyota menghadirkan varian terbaru bernama Kijang Innova TRD Sportivo. Produksinya masih dibuat terbatas, yaitu hanya 2.000-an unit.

Dengan kehadirannya, kendaraan di kelas medium MPV itu secara total memiliki lima varian. Sebelum opsi TRD Sportivo, terdapat varian G, V, Q, maupun Venturer.

Kijang Innova TRD Sportivo terdiri dari empat tipe. Ada TRD Sportivo G MT (harga Rp 359,15 juta on-the-road Jakarta), TRD Sportivo G AT (Rp 380,65 juta), TRD Sportivo V MT (Rp 411,95 juta), TRD Sportivo V AT (Rp 431,95 juta).

Varian teranyar ini tidak hanya didandani lewat aksesoris pada eksterior. Terdapat pula fitur Integrated Air Purifier dengan Intelligence Air Quality Control plus Air Filter PM 2.5. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar