13 Ruas Tol Baru akan Dioperasikan Sebelum Akhir Tahun

Berita Otomotif

13 Ruas Tol Baru akan Dioperasikan Sebelum Akhir Tahun

JAKARTA – 13 ruas tol baru akan mulai beroperasi pada Oktober-Desember 2018.

Pada bulan Oktober, rencananya Pemerintah akan mulai mengoperasikan empat ruas tol baru yaitu ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 (37,3 km), Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun (SS) Pemalang (5,4 km), Solo-Ngawi segmen SS Sragen-Ngawi (50,9 km) dan Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,4 km). Total, pada bulan Oktober ruas tol akan bertambah 332 Km.

Sementara pada November akan ada dua ruas tol baru yang mulai dioperasikan. Keduanya adalah ruas Tol Pemalang-Batang seksi I dan II (SS Pemalang-Batang) sepanjang 33,8 km dan Semarang-Solo seksi 4 dan 5 Salatiga-Kartasura 32,5 km.

Pada tutup tahun  (Desember 2018), sebanyak 7 ruas tol dengan total panjang 292,8 km siap untuk dioperasikan. Ketujuh ruas tol tersebut merupakan bagian dari ruas Tol Trans Jawa dan Sumatera, yakni Batang-Semarang seksi 1-5 (75 km), Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono (39,1 km), Kertosono-Mojokerto seksi 4 (0,9 km), Relokasi Porong-Gempol (Porong-Kejapanan) sepanjang 6,3 km, Gempol-Pasuruan seksi 3 Pasuruan-Grati (12,2 km), Pasuruan-Probolinggo seksi 1-3 Grati-Probolinggo Timur (32,4 km), dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1-4 sepanjang 126,9 km.

Dengan mulai dioperasikan tol-tol baru tersebut diharapkan perjalanan akan menjadi lebih singkat bila dibandingkan sebelumnya. Perjalanan yang lebih singkat diyakini akan memberi dampak positif pada masyarakat ke depanya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar