12 Tips Menghemat BBM

Panduan Pembeli

12 Tips Menghemat BBM

JAKARTA – Kemarin (17/11/2014), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar menjadi Rp 8500 per liter  dan Rp 7500 per liter.

Dengan kenaikan tersebut  membuat inflasi secara langsung sehingga mengganggu kantung para motoris (pemobil dan pesepedamotor).  

Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik untuk menghemat BBM:

  1. Kurangi penggunaan mobil pribadi Anda. Pikirkan untuk berbagi mobil atau menggunakan kendaraan umum seperti bis, kereta.
  2. Rencanakan rute perjalanan sebelum Anda pergi, sebisa mungkin hindari jalan-jalan padat. Pantau terus sejumlah media sosial yang memberitakan kondisi lalu lintas rute-rute yang akan dilewati oleh Anda.
  3. Jika Anda bukan melakukan perjalanan rutin seperti ke kantor atau sekolah, maka pilihlah jam-jam tidak sibuk (non-peak hours) untuk menghindari kemacetan lalulintas atau idle (mesin menyala namun mobil tidak bergerak) lama yang mengakibatkan pemborosan BBM.
  4. Mengemudilah dengan lembut. Hindari akselerasi dan pengereman tidak perlu karena membutuhkan lebih banyak BBM dibandingkan mobil melaju dengan kosisten, oleh sebab itu jaga jarak yang baik dengan kendaraan di depan Anda.
  5. Kurangi kecepatan di jalan bebas hambatan (tol), dan pakailah cruise control. Beberapa pengujian menyatakan jika mobil melaju 90 km/jam sanggup menghemat sekitar 20% dibandingkan 110 km/jam.  
  6. Mobil lebih hemat BBM dengan gigi (gear) transmisi lebih tinggi, jadi ketika Anda menaikan kecepatan mobil, pilih gigi dengan RPM mesin terendah. Dengan begitu Anda membakar lebih sedikit BBM, sekaligus mengurangi emisi. Beberapa mobil dilengkapi dengan ‘Gear Shift indicator’ maka patuhilah ketika indikator menyala dengan mengganti ke gear lebih tinggi.
  7. Periksalah tekanan angin ban mobil Anda. Jika tekanan kurang maka akan membuat mobil boros. Lihat rekomendasi dari pabrikan. Gunakan eco tire.
  8. Penggunaan AC meningkatkan konsumsi BBM pada kecepatan rendah, namun pada kecepatan lebih tinggi konsumsinya berkurang. Pastikan kondisi AC mobil Anda dalam keadaan baik. Periksalah atau servis AC secara reguler.
  9. Kurangi penggunaan kelistrikan seperti matikan lampu eksterior/interior atau sistem audio jika tidak diperlukan.
  10. Kurangi beban dan hambatan seperti jangan bawa barang-barang berlebihan, jangan buka jendela ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi, jangan menggotong barang-barang di atap.
  11. Periksa dan rawatlah mesin mobil secara reguler, dan pastikan Anda menggunakan pelumas sesuai rekomendasi pabrikan.
  12. Matikan mesin mobil (jika Anda tak keberatan) ketika Anda sedang berada di kepadatan lalu lintas atau antrian traffic light panjang. Langkah ini memang aneh sekali karena membuat para penumpang tidak nyaman karena AC mati namun secara nyata dapat menghemat BBM. Beruntunglah mereka yang memiliki mobil dengan idle start/stop.

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support