100 Podium untuk Pedrosa

Berita Otomotif

100 Podium untuk Pedrosa

VALENCIA - Walaupun belum pernah memenangkan gelar juara dunia MotoGP, Dani Pedrosa merupakan rider paling sukses bila kita melihat jumlah podium yang pernah diraihnya. Pedrosa sudah naik ke 100 podium, lebih baik dari Jorge Lorenzo dan hanya kalah dengan Valentino Rossi.

Lorenzo meraih podium ke-100 di MotoGP Valencia, ketika dia merebut posisi ke-3. Sejauh ini, di arena MotoGP dia telah meraih 28 kali podium pertama, 38 kali podium kedua dan 34 kali podium ketiga.

Dengan hasil ini, Pedrosa berada di posisi kedua pebalap dengan podium terbanyak di gelaran grand prix 500 cc atau MotoGP.

Di atas dia hanya ada Rossi yang meraih 175 podium. Sedangkan di bawahnya ada Lorenzo (97 podium), Mick Doohan (95 podium) dan Giacomo Agostini (88 podium).

Bila ditelaah lagi, dia meraih podium pertama di debutnya di MotoGP yakni posisi kedua di MotoGP Spanyol pada 2006. 

Prestasi Pedrosa makin mentereng karena secara persentase dirinya 60 persen pasti podium di setiap balapan. Podium ke 100 itu di dapat setelah dia mengikuti 166 grand prix.

Musim terbaiknya sejauh ini adalah MotoGP 2012 dimana dia meraih 15 kali podium, 7 diantaranya sebagai pemenang podium pertama. 

Jerez adalah sirkuit yang memberi paling banyak podium dengan catatan 9 kali, Catalunya, Sachsenring, Sepang dan Rocardo Tormo memberi 7 podium pada Pedrosa.

Sepanjang karirnya, Pedrosa belum pernah memenangi MotoGP, tapi Pedrosa yang memulai balap grand prix sejak 2001 hingga kini sudah mengantongi 3 gelar juara dunia. Sekali dia jadi juara dunia kelas 125 cc di 2003 dan dua kali di kelas 250 cc di musim 2004 dan 2005. 

“Aku hanya berharap tahun depan bisa lebih baik bagi saya, dan saya bisa menjadi juara,” harapnya. [Syu/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support