10 Tips untuk Membeli Mobil Bekas

Panduan Pembeli

10 Tips untuk Membeli Mobil Bekas

JAKARTA – Memilih mobil bekas tidak bisa sembarangan karena masing-masing mobil berbeda kondisinya.

Ada banyak faktor yang harus menjadi pertimbangan mulai dari kendaraan itu sendiri hingga kemampuan diri dalam melakukan pembelian. Untuk itu, ada sedikitnya 10 langkah yang harus dilakukan untuk sebelum membeli mobil bekas.

  • Pastikan jumlah uang yang Anda miliki

Secara umum, bila Anda membeli mobil secara kredit maka pastikan DP dan cicilan anda tidak memberatkan. Biasanya, cicilan tidak lebih 20 persen dari jumlah penghasilan per bulan. Ingat bahwa mobil bekas akan membutuhkan perhatian ekstra dari waktu ke waktu: ban baru, perawatan dan sejenisnya. Jangan lupa untuk menyisihkan dana " jaga-jaga" untuk menutupi perbaikan tidak terduga.

  • Buat daftar mobil bekas yang diincar

Beli Mobil bekas
Membuat daftar mobil bekas yang diinginkan akan memudahkan pencarian lebih fokus dibandingkan datang ke dealer tanpa rencana sama sekali. Bila Anda ingin menghemat uang, pertimbangkan lebih dari satu merek. Kami menyarankan untuk membuat daftar tiga mobil yang memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan anggaran Anda.

Jika Anda berencana membeli kendaraan berusia kurang dari 5 tahun, pertimbangkan kendaraan yang sudah memiliki sertifikasi dari dealer resmi. Biasanya mobil-mobil tersebut dijual di dealer yang dikelola langsung oleh APM bersangkutan seperti Suzuki AutoValue, Toyota Trust dan Hyundai AutoSafe.

  • Periksa harga

Harga dari sebuah mobil bekas berbeda-beda tergantung dari tahun, usia kendaraan hingga dealernya. Umumnya, dealer mobil bekas yang resmi dari APM memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan dealer mobil bekas biasa. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa harga di Mobil123 karena ada banyak dealer yang bisa menjadi referensi Anda.

  • Cari Mobil bekas yang berada didekat lokasi Anda

Guna memudahkan pencarian mobil bekas, maka tidak ada salahnya untuk memulai dari sekitar lokasi Anda berada. Di Mobil123, anda bisa mencari dealer di lokasi Anda dengan mudah melalui filter yang tersedia. Anda juga bisa mencari berdasarkan tahun, harga dan varian kendaraan. Ini tentu akan lebih menghemat waktu Anda.

  • Periksa riwayat kendaraan

Umumnya kendaraan yang berusia di bawah 5 tahun masih dirawat melalui bengkel resmi dan mereka memberikan catatan perbaikan. Dengan catatan ini maka Anda bisa mengetahui perbaikan apa saja yang sudah dilakukan. Riwayat kendaraan ini juga bisa dimintakan ke bengkel resmi terdekat.

  • Hubungi penjual

Bila sudah mendapatkan kendaraan yang diincar, coba hubungi penjual apakah sudah terjual atau belum. Jangan lupa untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait mobil dan buat perjanjian test drive kendaraan.

  • Test Drive

Test drive sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa mobil memang berada dalam kondisi yang memang diharapkan. Ada banyak faktor yang harus dilihat mulai dari kondisi mesin, kaki-kaki dan body kendaraan. Guna memudahkan pemeriksaan, lakukan test drive saat siang hari.

  • Manfaatkan inspeksi kendaraan

Ada banyak cara untuk melakukan inspeksi mobil bekas. mulai dari membawa kendaraan tersebut ke bengkel terpercaya, bengkel resmi hingga membawa teknisi sendiri. Ini dilakukan untuk memastikan kendaraan tersebut memang sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Lakukan negosiasi harga

Melalui inspeksi kendaraan, maka Anda bisa melakukan negosiasi harga yang lebih detail. Pasalnya, kondisi mobil akan terlihat seutuhnya. Pastikan untuk menawarkan harga yang memang Anda nilai pantas untuk mobil incaran.

  • Selesaikan Dokumen

Pastikan keabsahan surat-surat STNK dan BPKB mobil bekas diincar dan Anda bisa melakukannya secara online. Dan setelah membeli, pastikan Anda langsung melakukan penggantian nama, mengurus asuransi dan sebagainya. Tentunya dengan melakukan penggantian nama maka akan lebih memudahkan Anda dalam mengurus kendaraan di masa datang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar