10 MPV Primadona di GIIAS 2016

Mobil Baru

10 MPV Primadona di GIIAS 2016

TANGERANG – Multi Purpose Vehicle (MPV) memang menjadi model kendaraan terfavorit di Indonesia. Volume penjualannya selalu menjadi yang terbanyak dibandingkan model-model lain.

MPV dengan harga terjangkau di kelas LCGC yang baru diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, mendapat sorotan paling besar. Kabar terakhir, baik dalam dan di luar pameran sudah terbit ribuan SPK untuk masing-masing kendaraan.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran duet MPV dari pabrikan China Wulling. Meski belum ada kabar kepastian akan dijual, namun dengan tampilannya yang modern dan back-up oleh pabrikan besar General Motor (GM) ke depan layak jadi kuda hitam. Duet ini akan bermain di kelas low MPV yang akan berhadap-hadapan dengan volume maker Toyota Avanza   

Tidak hanya kendaraan dengan harga terjangkau, MPV kelas menengah atas juga memiliki daya tarik tersendiri dalam pameran. Seperti contoh saudara kembar Toyota Alphard yakni Vellfire yang mendapat sentuhan ringan namun memiliki arti penting. Karena MPV ini menjadi pilihan pertama konsumen kalangan atas di Indonesia.

Selain 10 MPV primadona di GIIAS 2016, ada satu kendaraan konsep MPV yang hadir di booth Mitsubishi. Melakukan debut dunia pertama kali di GIIAS 2016, versi produksi dari kendaraan konsep ini akan bermain di kelas Low MPV pada akhir 2017.

Berikut 10 MPV plus satu kendaraan MPV Concept primadona di GIIAS 2016.

Toyota Calya

Diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti sempurna, Toyota Calya diprediksi bakal jadi primadona baru menggantikan saudaranya Toyota Avanza. Ditawarkan dengan harga terjangkau namun memiliki kelengkapan fitur yang cukup baik di kelasnya.

Daihatsu Sigra

Strategi jitu untuk mensiasati lesunya penjualan otomotif nasional, Daihatsu Sigra menyasar para pengguna sepeda motor untuk beralih ke mobil. Varian terendah Sigra dilengkapi mesin 1.000 cc dengan penawaran harga termurah Rp 106,6 juta.

Datsun Go+ Panca

Dengan hadirnya Toyota Calya dan Daihatsu Avanza, Datsun Go+ Panca mendapat kompetitor langsung yang cukup berat. Update ringan pada penampilan, kenyamanan dan keselamatan diharapkan mampu menarik perhatian konsumen di kelas tersebut.

Daihatsu Xenia Custom

Low MPV dari Daihatsu ini ditawarkan dengan update ringan pada eksterior dan interior yang tampak lebih sporti. Daihatsu Xenia Custom atau Xenia R Sporty ditawarkan dengan harga Rp 211,6 juta (transmisi manual) dan Rp 222,6 juta (transmisi otomatis).

Honda Mobilio E CVT Prestige Special Edition

Langkah-langkah penyegaran dilakukan pada Honda Mobilio yang tampil di GIIAS 2016. Sempat menghebohkan pasar otomotif nasional di awal kemunculannya, low MPV miliki Honda ini tampil lebih elegan dari versi reguler.

Wuling Hongguang S1

Low MPV asal China ini belum memiliki nama resmi untuk pasar Indonesia. Pihak Wuling belum memastikan kapan kendaraan ini akan dijual. Wuling Hongguang dilengkapi mesin 1.500 cc dan rencana akan dijual dengan kisaran harga Rp 126 - Rp 144 juta.

Wuling Bao Jun 730

Rencananya Wuling Bao Jun 730 akan dijual setelah Wuling Hongguang. Memiliki desain MPV boxy, mobil ini akan dilengkapi dengan mesin 1.800 cc. Sama seperti Wuling Hongguang S1, MPV ini akan diproduksi di pabrik Wulling di Indonesia yang mulai beroperasi 2017.

Kia Grand Sedona

Kia Mobil Indonesia (KMI) kembali menjual MPV kelas atas mereka Kia Grand Sedona. Di masa jayanya, mobil yang juga populer dengan nama Kia Carnival ini sempat menjadi primadona.

New Toyota Vellfire

Versi terbaru dari Toyota Vellfie tampak lebih sporti dari sebelumnya dengan update ringan pada bagian eksterior. Saudara kembar dari Alphard ini diperuntukan bagi mereka yang ingin MPV kelas atas dengan gaya sporti

VW Caravelle T6

Hanya akan tersedia 5 unit saja hingga akhir tahun 2016 untuk MPV premium ini.  VW memiliki beragam fitur kemewahan dan kenyamanan, VW Caravelle T6 ditawarkan dengan harga Rp 1,75 miliar (on-the-road Jakarta).

Mitsubishi XM Concept  

Debut dunia di pameran berskala internasional, Mitsubishi XM Concept menjadi magnet tersendiri di GIIAS 2016 Model produksinya dari low MPV ini kira-kira akan menyerupai model konsepnya sekitar 80 persen. Diprediksi bakal menjadi mobil sejuta umat di Indonesia di masa mendatang. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual