10 Mobil Baru Paling “Hot” di Frankfurt Motor Show 2017

Mobil Baru

10 Mobil Baru Paling “Hot” di Frankfurt Motor Show 2017

FRANKFURT - Frankfurt Motor Show 2017 atau Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) ke-67 kembali menghadirkan beragam mobil-mobil baru.

Pesta otomotif terbesar di Jerman tahun ini menghadirkan berbagai mobil-mobil baru nan eksotis yang tak kalah menarik. Di tahun ini, Frankfurt Motor Show mengusung konsep “Future Now”.

Melalui konsep tersebut, pameran kali ini menghadirkan teknologi-teknologi modern yang merupakan langkah awal untuk menyambut mobil masa depan. Sebagian besar produsen mobil asal Jerman menunjukkan jajaran lineup andalannya dalam pameran kali ini.

Publik Jerman telah menanti kehadiran produk-produk canggih seperti Audi A6 Concept, BMW new X3 dan X7 Concept, Mercedes-AMG Project One dan VW T-Roc. Selain mobil-mobil tersebut, beberapa brand mobil internasional juga turut memeriahkan pameran ini.

Berikut 10 mobil baru paling “Hot” di Frankfurt Motor Show 2017

Renault Duster
Foto: Autoevolution

Dacia Duster
Generasi baru Dacia Duster atau Renault Duster ini telah resmi menampakkan dirinya di Jerman. Tampilan yang fresh dengan warna Atacama Orange ini berhasil menyita perhatian para pengunjung Frankfurt Motor Show 2017.

All-new Renault Duster ini hadir dengan tampilan eksterior yang sangat gagah. Sedangkan interiornya kini lebih modern berkat adanya desain dashboad dan jok baru serta fitur entertainment MediaNav.

SUV andalan Dacia ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan Multi-view camera, Blind Spot Warning, Hill Descent Control, Hill Start Assist dan automatic headlight. Untuk fitur keamanannya telah menggunakan curtain airbags, hands-free card dan keyles entry.

All-new Duster mengusung 4 macam mesin yakni mesin bensin SCe 115, TC3 125 dan mesin diesel dCi 90 dan dCi 110. Pada mesin bensin menggunakan transmisi manual dan mesin diesel menggunakan transmisi matic EDC.

Untuk seluruh varian bensin dan diesel dCi 110 juga tersedia opsi 2WD dan 4 WD, sedangkan pada varian mesin diesel dCi 90 hanya dilengkapi dengan 2WD.

Ferrari Portofino
Foto: Autoevolution

Ferrari Portofino
New Ferrari Portofino yang secara khusus dihadirkan untuk entry-level ini diklaim sangat menunjukkan ciri khas kuda jingkrak. Hadir dengan desain convertible mampu membuat sports car ini sangat eksotis.

Desain sports car 4-seater ini merupakan perpaduan desain 812 Superfast dan GTC4Lusso. Dilengkapi dengan fitur folding hardtop sebagai standar membuat terlihat lebih menarik.

Sedangkan pada interiornya memiliki desain yang sama dengan model California T dengan lingkar kemudi khas 812 Superfast. Fitur infotainment pada sports car ini sama dengan milik GTC4Lusso.

New Ferrari Portofino ini mengusung mesin 3.9-liter twin-turbo V8 yang menyemburkan tenaga 600 hp dan torsi 759 Nm. Dengan mesin ini, new Portofino mampu melaju 0-100 kpj dalam 3,5 detik dengan kecepatan maksimal lebih dari 320 kpj.

Hyundai i30 N
Foto: Autoevolution

Hyundai i30 N
Hyundai i30 N yang memiliki DNA balap ini terinspirasi dari dunia motorsport. Pesaing VW Golf GTI ini hadir dengan 2 opsi mesin bensin 2.0-liter dengan tenaga 246 hp dan 275 hp.

Mesin tersebut mampu menyemburkan torsi 353 Nm dan dikawinkan dengan transmisi stick shift 6-speed. Hatchback balap ini mampu menempuh 0-100 kpj dalam 6,1 detik dengan kecepatan maksimal 250 kpj.

Selain ubahan pada mesin, Hyundai juga menyegarkan tampilan i30 N dengan menyematkan bumper baru dan spoiler belakang. Sedangkan pada interiornya telah dilengkapi dengan emblem N, jok sporty, lingkar kemudi sporty, gear knob baru dan electronic instrument cluster.

Hyundai i30 Fastback
Foto: Autoevolution

Hyundai i30 Fastback
Hyundai i30 Fastback menyita perhatian pengunjung IAA 2017 berkat style premiumnya. Tampilan sporty dengan atap low-sloping dan spoiler belakang yang lebar berhasil membuat mobil ini sangat unik.

Jika dibandingkan dengan model standar, i30 Fastback memiliki atap lebih rendah 25 mm dan tingginya berkurang 5mm. Suspensi new Hyundai i30 Fastback diklaim 15 persen lebih kaku.

Interior new i30 Fastback telah dilengkapi dengan charger wireless untuk smartphone, layar sentuh 8” yang dapat dikoneksikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Bagasi mobil ini mampu menampung bobot 1.361 liter.

Mobil baru Hyundai ini dipersenjatai dengan 4 pilihan mesin yakni mesin bensin 1.0-liter 3-cylinder turbocharged (118 hp, 171 Nm), mesin bensin 1.4-liter turbocharged 4-cylinder (138 hp, 242 Nm), mesin diesel 1.6-liter 4-cylinder turbocharged (108 hp dan 134 hp).

Fitur keselamatan yang disematkan yaitu Forward Collision-Avoidance Assist, Driver Attention Warning, High Beam Assist dan Lane Keeping Assist.

Hyundai Kona
Foto: Autoevolution

Hyundai Kona
Hyundai Kona yang memiliki tampilan eksterior funky ini diyakini akan menarik perhatian konsumen baru. Dibekali mesin 1.0-liter T-GDI (118 hp) dan 1.6-liter T-GDI (175 hp) dengan menggunakan roda penggerak depan diyakini akan memberikan performa sesuai ekspektasi.

Pada mesin 1.0-liter dikawinkan dengan transmisi manual 7-speed sebagai standar dan pada mesin 1.6-liter menggunakan transmisi matic 7-speed dual-clutch. Rencananya pada pertengahan 2018, crossover Hyundai ini akan memiliki opsi mesin diesel generasi terbaru 1.6-liter, transmisi manual 6-speed, transmisi matic 7-speed dan four-wheel drive.

Produsen mobil asal Korea ini juga akan hadir versi listrik di mana tidak akan menghasilkan gas emisi sama sekali.

Jaguar E-Pace
Foto: Indianautoblog

Jaguar E-Pace
E-Pace yang merupakan compact performance SUV Jaguar terbaru ini menunjukkan pesonanya. Desain compact SUV ini terinspirasi dari sports car Jaguar dengan menyematkan grille khas, garis otot di sepanjang body dan lingkar roda 21”.

Sedangkan interiornya telah dilengkapi dengan layar TFT 12,3” dan desain premium. SUV Jaguar ini telah menggunakan smart Activity Key di mana akan memudahkan konsumen dalam menghidupkan dan mematikan kendaraan.

Jaguar E-Pace tersedia dalam 5 pilihan mesin yakni 3 mesin diesel dan 2 mesin bensin. Mesin tersebut merupakan mesin ingenium yang terbaru sehingga diklaim mampu memberikan performa maksimal.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi matic 9-speed dan transmisi manual 6-speed. Untuk fitur keselamatan, Jaguar E-Pace telah menyematkan Dynamic Stability Control (DSC), Roll Stability Control (RSC), Electronic Traction Control (ETC), Trailer Stability Assist (TSA), Hill Start Assist (HSA), ABS, Emergency brake lights (EBL), Emergency brake assist (EBA) dan Corner Brake Control (CBC).

Kia Picanto X-Line
Foto: Autoevolution

Kia Picanto X-Line
Kia Picanto X-Line diklaim memiliki ground clearance lebih tinggi 15 mm jika dibandingkan dengan versi standar. Hadir dengan desain lebih sporty dengan adanya bumper depan lebih besar, grille unik dan fog lamp baru.

Tampilan interiornya pun hadir lebih segar dengan adanya lingkar kemudi sport, desain dashboard baru dan layar infotainment 7” yang dapat dikoneksikan melalui bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Beragam aksen chrome akan sering ditemui di kabin Picanto X-Line ini.

Kia Picanto ini mengusung mesin bensin 1.0-liter 3-cylinder T-GDI yang memiliki tenaga 99 hp dan torsi 172 Nm. Mesin tersebut mampu membuat hatchback ini melaju 0-100 kpj dalam 10,1 detik.

Renault Megane RS
Foto: Autoevolution

Renault Megane RS
Generasi tebaru Renault Megane RS kini menggendong mesin 1.8-liter turbocharged yang sebelumnya telah digunakan Alpine A110. Mesin tersebut menyemburkan tenaga 276 hp dan torsi 390 Nm dengan menggunakan roda penggerak depan.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual dan matic 6-speed dual-clutch. Perpaduan mesin dan transmisi tersebut diklaim akan memberikan performa maksimal layaknya di mobil balap.

Selain performanya yang terbaik, desain eksterior dan interior all-new Megane RS ini lebih sporty. Pada eksteriornya, hatchback ini menyematkan fender lebar pada bagian depan dan belakang, bumper depan bergaya F1 dan diamond grille.

Sedangkan pada interiornya, mobil ini telah dolengkapi dengan jok depan terintegrasi, desain cockpit baru, aksen jahitan berwarna merah dan RS Monitor. Untuk fitur keselamatannya, mobil ini dilengkapi dengan Lane Departure Warning, Safe Distance Warning, Traffic Sign Recognition with Over Speed Prevention, Blind Spot Warning, Easy Park Assist, front, rear and side parking sensors, reversing camera, Adaptive Cruise Control dan Active Emergency Braking System.

Suzuki Swift Sport
Foto: Autoevolution

Suzuki Swift Sport
Generasi ketiga Suzuki Swift Sport akhirnya menunjukkan diri di Frankfurt Motor Show 2017. Mengusung platform baru membuat bobot hatchback Suzuki ini lebih ringan hingga 80 kg dan membuat mobil ini lebih nyaman serta asik.

Eksterior Suzuki Swift Sport ini tampil dengan lebih fresh dengan menyematkan lingkar roda 17”, grille honeycomb dengan lapisan serat karbon, bumper baru, side skirt dan diffuser belankang.

Sedangkan interiornya, Swift Sport ini kini hadir lebih sporty berkat adanya aksen berwarna merah dan panel instrumen dengan warna kontras. Selain itu terdapat jok semi-bucket, lingkar kemudi D-shaped, shift knob berbalut chrome dan layar infotainment 7” yang dapat dikoneksikan dengan bluetooth serta navigasi 3D.

Untuk fitur keselamatannya, Swift Sport ini telah ditunjang dengan adanya Advanced Forward Detection, Dual Sensor Brake Support, Lane Departure Warning dan Adaptive Cruise Control. Dengan menggendong mesin 1.6-liter naturally-aspirated mampu menyemburkan tenaga 138 hp dan torsi 230 Nm.

VW T-Roc R-Line
Foto: Autoevolution

VW T-Roc R-Line
Volkswagen secara resmi telah meluncurkan all-new T-Roc beberapa minggu sebelumnya. Namun di Frankfurt Motor Show 2017, VW menyematkan aksesoris R-Line pada crossover terbaru ini.

Pada eksteriornya, aksesoris R-Line ini tampak di bagian bumper, grille, diffuser belakang, trim, lampu belakang lebih gelap dan lingkar roda 18” atau 19”. Masuk ke dalam kabin, all-new T-Roc R-Line telah menyematkan lingkar kemudi berbalut kulit, jok microfiber two-tone dengan aksen kulit.

Crossover terbaru VW ini akan mengusung 6 macam mesin yang terdiri dari 3 mesin bensin dan 3 mesin diesel. Pada mesin bensin, T-Roc memiliki opsi mesin 1.0-liter TSI (113 hp, 200 Nm), 1.5-liter TSI (147 hp, 250 Nm) dan mesin bensin 2.0-liter TSI (187 hp, 320 Nm).

Sedangkan pada varian diesel terdapat opsi mesin 1.6-liter TDI (113 hp, 250 Nm), 2.0-liter TDI (147 hp, 340 Nm) dan 2.0-liter TDI konfigurasi lain yang memiliki tenaga 187 hp dan torsi 400 Nm. Volkswagen juga menghadirkan 2 varian transmisi yakni manual 6-percepatan dan matic DSG 7-speed.

Beberapa mobil baru yang diluncurkan di pameran otomotif tersebut diyakini akan dihadirkan di Indonesia. Akankah hal tersebut terealisasi? Tunggu kabar selanjutnya. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support