Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wow, Juragan Amrik Beli Saham Suzuki

Berita Otomotif

Wow, Juragan Amrik Beli Saham Suzuki

JAKARTA - Seorang miliader Amerika Serikat Daniel Loeb membeli saham Suzuki. Sayangnya tidak diumumkan berapa besar persentase saham yang dibeli oleh Loeb dan  nilainya.

Tapi yang jelas, langkah Loeb melalui perusahaannya, Third Point LLC, langsung direspon positif oleh pasar. Saham Suzuki langsung mencetak rekor.

Loeb sebenarnya sudah mengincar Suzuki sejak beberapa bulan lalu. Namun dalam sebuah surat kepada para investornya pada akhir Juli lalu, Third Point LLC mengatakan saham Suzuki seharusnya dilepas di bawah pasaran dan berharga murah karena Suzuki hanya bermain di negara-negara berkembang.

Padahal di India, Maruti-Suzuki menguasai lebih dari setengah penjualan mobil dan di Indonesia merupakan salah satu pemain besar. Di Jepang, Suzuki juga terhitung sebagai produsen ke-4 terbesar setelah Toyota, Nissan dan Honda.

Menurut Wall Street Journal, dengan masuknya Loeb yang sebelumnya membeli saham dua perusahaan Jepang lain, Sony dan Fanuc Corp, diharapkan sengketa arbitrase antara Suzuki dan Volkswagen dapat selesai. 

Bukan apa-apa, sengketa itu sudah terjadi sejak 2009 lalu ketika Suzuki meminta akses teknologi VW dan VW meminta jaringan Suzuki di India dan Asia Selatan. Awalnya VW juga meminta 19,9 persen saham Suzuki. Namun, rencana kerjasama keduanya malah berubah menjadi sengketa.

Meski tidak mengumumkan nilai saham yang dibelinya, diperkirakan persentase saham yang dibeli Loeb tidak sampai 5 persen. Karena aturan pembelian saham di Jepang mengharuskan pengumuman publik untuk pembelian saham di atas 5 persen.

Tapi sebagai catatan, menurut Reuters, nilai 4,99 persen saham Suzuki saja bisa mencapai 121,6 miliar yen atau sekitar Rp 13 triliun. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang