Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Selamat Ulang Tahun ke-50 Toyota Corolla

Berita Otomotif

Selamat Ulang Tahun ke-50 Toyota Corolla

TOYOTA CITY  - Toyota Corolla memang telah menjadi legenda dalam dunia otomotif dan tahun ini telah memasuki usia ke-50 tahun.

Corolla pertama kali diluncurkan tahun 1966 dan menjelma menjadi mobil paling laris di Jepang. Dalam beberapa tahun saja, permintaan terus meningkat dan Toyota pun meningkatkan produksinya dari 480.000 di tahun pertama menjadi 1 juta unit per tahun.

Setahun setelah pengenalan versi JDM, Toyota meluncurkan Corolla di Eropa. Pada tahun 1968 Corolla masuk ke Amerika Utara dan produksi Corolla di luar Jepang mulai dibuka di Australia dan Malaysia.

Setelah itu, Toyota mulai memproduksi Corolla di 16 pabrik di seluruh dunia. Hasilnya, Corolla kini telah terjual lebih dari 44 juta unit di seluruh dunia dengan 11 generasi. Pentingnya Corolla bagi Toyota pun sangat terlihat karena dari 5 mobil Toyota yang terjual, 1 di antanya adalah Corolla.

Corolla adalah model tertua kedua Toyota setelah Land Cruiser dan model kedelapan yang paling lama diproduksi dalam industri otomotif dunia. Corolla hanya kalah oleh beberapa model tertua lainnya seperti Chevrolet Suburban dan Corvette, Ford F-Series, Ford Mustang, Mercedes SL, Porsche 911 dan Toyota Land Cruiser.

Di Indonesia sendiri, Toyota telaga menghadirkan Corolla sejak tahun 1971 silam. Ketika itu, Corolla yang masuk ke Indonesia adalah generasi kedua dan menggunakan mesin 3K berkapasitas 1.200cc dengan 4 percepatan manual.

Saat ini, Toyota masih menjual Corolla di Indonesia dengan nama Corolla Altis. Ini adalah generasi ke-11 Corolla dan terakhir mengalami perubahan pada tahun 2014 lalu. Corolla Altis menggunakan mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.800cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 148hp dan torsi sebenar 190 Nm. Untuk harga, Corolla Altis dijual mulai dari Rp 408,6 juta. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang