Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pertamax Turbo Dukung Promosi Autocross di Indonesia

Berita Otomotif

Pertamax Turbo Dukung Promosi Autocross di Indonesia

TANGERANG – Saat ini Autocross masih asing di Indonesia. Dan untuk mempromosikannya, kemarin (28/8), GoodRides dan Pertamax Turbo menggelar Autocross "Gas In Flat Out" di lapangan parkir Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Tangerang.

“Autocross memadukan balap jalan raya dan sirkuit. Di sini ada racing line, tidak dianjurkan menggunakan rem tangan. Jadi setiap peserta hanya mengandalkan gas, rem, engine brake,” ujar Yahya Adi Nugroho, ketua pelaksana Autocross di ICE.

Menurut GoodRides, Autocross merupakan salah satu cabang autosport yang menjadikan waktu sebagai penilaian utama. Setiap peserta Aautocross dituntut untuk bisa melalui lintasan yang biasanya dibentuk menggunakan cone-cone secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone. Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu.

Kegiatan Autocross kali ini diikuti lebih dari 40 pembalap – pemula dan pembalap.

“Bahkan beberapa di antara peserta belum pernah mengikuti kompetisi sama sekali. Autocross tidak menjadi jembatan bagi mereka yang ingin membalap di sirkuit namun dengan biaya lebih murah. Mobil tidak perlu roll-bar, jok balap dengan seatbelt 6-titik, modifikasi mesin, atau suspensi. Kami hanya mewajibkan mereka menggunakan helm, seatbelt standar, celana panjang, serta sepatu kets,” imbuhnya.

Menurut pengakuan Yahya, awalnya Autocross didesain untuk mobil-mobil turbo, namun karena di pasaran jauh lebih banyak mobil non-turbo sehingga penyelenggara membolehkan mobil.-mobil normally aspirated ikut.

“Kegiatan kali ini baru eksebisi, suatu hari kelak kami akan bikin Autocross dengan kelas-kelas.”

Autocross di ICE kemarin memperebutkan hadiah total 10 juta rupiah voucer Pertamax Turbo (produk bensin Pertamina dengan RON 98).  

Autocross dikenalkan pertama kali di Amerika Serikat kompetisi ini beberapa tahun lalu. Biasanya kegiatan ini dilakukan di lintasan aspal seperti di lapangan parkir atau bandar udara (airport). [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang