Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pabrik Mesin Baru Diresmikan, Inikah Dapur Jantung Toyota Sienta?

Berita Otomotif

Pabrik Mesin Baru Diresmikan, Inikah Dapur Jantung Toyota Sienta?

KARAWANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), hari ini (7/3), secara resmi memulai operasi pabrik mesin baru Plant 3 di Karawang.

Pabrik Mesin baru ini akan memproduksi mesin khusus yaitu mesin dari alumunium bertipe R-NR dan berbahan bakar bensin. Toyota melakukan investasi sebesar 2,3 trilliun rupiah untuk pembangunan dan pengoperasian pabrik baru ini.

Mesin ini merupakan mesin dengan desain dan teknologi terbaru yang akan diekspor ke negara-negara Asia.

"Ini merupakan sebuah langkah awal untuk memajukan nama Indonesia di dunia otomotif dunia dan dapat menjadi sebuah masa depan yang sangat menjanjikan," kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami.

Pabrik ini merupakan pabrik pertama di dunia yang mengadopsi konsep "Through Line" yang berarti proses casting/pengecoran, machining/permesinan dan assembling/perakitan dalam satu atap. Pabrik baru ini juga dilengkapi dengan berbagai macam implementasi sehingga mengeluarkan limbah pabrik yang sedikit.

Mesin R-NR 1,3L dan 1,5L memiliki tingkat kandungan lokal hingga 80% sehingga 135 perusahaan menjadi supplier bagi mesin ini. Pada tahun 2016, Toyota Indonesia merencanakan sekitar 79.000 mesin R-NR diekspor, di mana jauh lebih banyak dari ekspor mesin TR (sekitar 51.500 mesin).

Pabrik baru ini mulai beroperasi dan khusus memproduksi mesin bensin dan ethanol tipe RNR, serta memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 120.000 unit.

Inikah mesin Toyota Sienta? Isunya demikian. [Amo/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang