Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Murah, Babak Baru General Motors di Indonesia

Berita Otomotif

Mobil Murah, Babak Baru General Motors di Indonesia

JAKARTA - Tutupnya pabrik Chevrolet di Bekasi menunjukkan kerasnya persaingan pasar otomotif di Indonesia. Meski demikian, General Motors belum habis.

Dilansir dari Kemenperin.go.id, General Motors akan membawa SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW), sebuah perusahaan joint venture antara SAIC, GM dan Wuling Motors, ke Indonesia. Dikabarkan, mereka akan menyasar pasar mobil LCGC (mobil murah) yang telah menjadi salah satu segmen yang berkembang di Indonesia.

Tidak ada kepastian model apa yang akan dibawa, namun jika melihat mobil dengan harga paling murah milik perusahaan tersebut, maka kemungkinan Wuling Sunshine yang akan masuk ke Tanah Air. Di negara asalnya, mobil ini hanya dijual dengan harga RMB 29.800 atau sekitar Rp 48 juta.

Minivan tersebut memiliki beberapa piliihan kapasitas mesin 995 cc, 1149 cc dan 1206 cc. Jika ditilik dari ketentuan peraturan LCGC yang mengharuskan kapasitas mesin berada di bawah 1.200 cc, maka pilihan mesin ketiga bisa kita coret dari daftar.

SAIC-GM-Wuling Automobile Co. Ltd akan memproduksi mobil mereka di Kawasan Delta Mas, Kabupaten Bekasi. Pabrik tersebut akan menarik investasi sebesar US$ 700 juta atau sekitar Rp 9 triliun dan akan memproduksi mobil sebanyak 150 ribu unit pertahunnya.

GM di SAIC-GM-Wuling Automobile
General Motors memiliki saham sebesar 44 persen di SGMW. Sementara SAIC memiliki saham paling besar yaitu 50,1 persen dan Wuling Motors memiliki saham sebesar 5,9 persen. SGMW memiliki beberapa merk otomotif yaitu Wuling yang memiliki spesialisasi di mini-trucks dan minivan, Baojun untuk mobil penumpang, dan Jiefang adalah merek kendaraan komersial.

Perusahaan yang bermarkas di Liuzhou, Guangxi  China ini merupakan perusahaan kuat. Kekuatannya bisa dilihat pada tahun 2013, yang berhasil menjual sebanyak 1.584.920 kendaraan untuk pasar dalam negeri.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang