Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Melihat Teknologi Perlindungan Cat Milik Nissan

Berita Otomotif

Melihat Teknologi Perlindungan Cat Milik Nissan

CRANFIELD - Para ahli kecantikan sering mengingatkan bahayanya ultraviolet pada kulit tubuh manusia. Untuk itu, mereka terus menyarankan untuk mengoleskan krim SPF 50.

Kondisi tersebut pun sama dengan mobil yang terus menerus terpapar sinar matahari. Tapi sangat tidak efektif untuk memoleskan krim pada mobil. Untuk itu, menjelang musim libur di Eropa, Nissan menunjukkan ketangguhan dari UV Protection yang dimiliki oleh Qashqai, Juke dan X-Trail. Perlindungan tersebut setara dengan Sun Protection Factor (SPF) 500.

Semua crossover Nissan hadir dengan kualitas tinggi, multi-layer paint finish telah diuji ketangguhannya pada suhu paling ekstrim di dunia. Selama pengembangan, para insinyur Nissan telah mengekspos contoh cat pada setiap meter panel dengan Lampu ultraviolet berkekuatan 500 watt -- itu 10 kali lebih berat dibanding dengan sinar matahari normal. Jadi, jika krim matahari SPF 50 dapat menjaga kulit manusia tetap aman di luar, pada Juli dan Agustus, cat Nissan sebanding dengan SPF 500.

Untuk menghasilkannya, Nissan membangun sebuah kamar test dengan biaya sebesar 1,34 juta pound sterling. Fasilitas tersebut terletak di European Technical Centre, Cranfield, Inggris dan dengan ini maka para insinyur Nissan dapat membuat sinar UV dari seluruh kondisi dunia dalam hitungan minggu. Mereka bertugas untuk memastikan bahwa SUV-SUV Nissan dapat memiliki kualitas sepanjang masa.

Lampu berteknologi tinggi di kamar memancarkan 92.000 watt dengan panas instens. Jumlah tersebut setara dengan 2.300 lampu tipe 40 watt di dalam rumah. Jika dikombinasikan dengan suhu di ruangan, maka kabin semua SUV akan mencapai 120 derajat celcius. Untuk memastikan ketahanan yang lebih ekstrim lagi, mobil akan diuji lagi hingga suhu 50 derajat celsius di bawah nol.

“Sama seperti kulit manusia, cat pada mobil juga terkena dampak dari sinar UV yang intens dan mampu membuatnya pecah. Jadi, kami harus menguji daya tahan dari produk-produk kami agar kualitasnya dapat bertahan lama,” ungkap Dean Gillett, Environmental Test Engineer Nissan.

Nissan tidak hanya menguji cat dengan sinar UV tapi semua bahan pada bagian-bagian lain sepeti plastik, pelapis jok hingga lem. Hal ini diperlukan agar semua komponen dapat mengatasi suhu ekstrim. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang