Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Magnet Neodymium akan Menjadi Senjata All-new Honda Freed Hybrid

Berita Otomotif

Magnet Neodymium akan Menjadi Senjata All-new Honda Freed Hybrid

TOKYO - Daido Steel dan Honda akan menjadi 2 perusahaan pertama dalam menggunakan magnet neodymium yang dibuat dengan teknologi dan metode baru. Magnet neodymium ini akan disematkan pada all-new Honda Freed hybrid

Magnet neodymium memiliki kekuatan magnet tertinggi di antara semua magnet di dunia dan telah dimanfaatkan untuk motor dari kendaraan listrik termasuk kendaraan hybrid. Permintaan terhadap magnet ini diperkirakan akan tumbuh terus di masa datang.

Agar dapat digunakan pada motor kendaraan listrik, maka magnet neodymium harus memiliki sifat tahan panas karena bekerja dalam lingkungan bersuhu tinggi. Untuk itu, biasanya magnet neodymium akan ditambahkan dysprosium atau terbium yang merupakan sumber daya alam langka dengan menggunakan metode konvensional.

Kelangkaan tersebut membuat biaya produksi naik sehingga Daido menggunakan metode berbeda untuk memproduksi massal magnet ini. Dengan metode ini maka magnet akan terlindung dengan butiran kristal berukuran nanometer sehingga magnet tetap mampu menahan panas.

Honda akan memanfaatkan magnet ini untuk motor kendaraan listrik. Caranya adalah dengan merevisi bentuk rotor agak dapat meningkatkan aliran magnetic flux dari magnet tersebut. Dengan demikian, magnet akan tetap memiliki kemampuan yang sama dengan magnet neodymium konvensional.

Dengan mengadopsi teknologi ini maka kendala dari SDA langka dalam penggunaan magnet neodymium terselesaikan. Honda akan memanfaatkan teknologi ini pada Honda Sport Hybrid i-DCD. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang