Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW X1 Diesel Sangat Menggoda

Review

BMW X1 Diesel Sangat Menggoda

JAKARTA - New BMW X1 sDrive20d Sport Edition menggoda para  pengguna crossover di Indonesia. Minat para konsumen terhadap teknologi BMW Advanced Diesel besar, tidak hanya pada pasokan tenaga tapi juga menekankan efisiensi konsumsi BBM.

Beruntung, Mobil123.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung BMW X1 diesel yang ditampuk sebagai varian paling atas.

Dalam kesempatan diberikan oleh Eurokars Indonesia (dealer resmi BMW di Indonesia), kami merasakan BMW X1 diesel warna silver. Lokasi uji coba crossover asal Jerman ini kami pilih rute Jakarta-Serpong-Jakarta.

BMW X1

Desain eksterior
Sebagai Sports Activity Vehicle compact (compact SAV) pertama di dunia, BMW X1 menyajikan desain menarik. Bagian depan seperti biasa yaitu menggunakan kidney grille yang menjadi ciri khas BMW. Dua lubang ini mampu memberi pasokan udara lebih lancar untuk mesin kapasitas 2.0-liter terintegrasi transmisi otomatis Steptronic 8-speed.

Bumper depan berukuran besar dipadukan dengan lampu HID dan fog lamp bulat seakan ingin menggambarkan kedinamisan sebuah crossover berukuran compact.

Tampak samping mobil ini sangat atletis dengan lekukan pada dua pintu samping. Desain dibuat seakan mobil bergerak meski dalam kondisi diam. Kami boleh menyebutkan seperti ada energi yang disalurkan.

Beranjak ke buritan. Desain lampu belakang dengan reflektor tidak jauh berbeda dengan model lawasnya. Desainnya cukup sempurna lewat lampu belakang ramping. Untuk varian ini dilengkapi lampu rem di atas kaca belakang dan wiper belakang.

BMW X1

Interior
Saat masuk ke dalam kabin, kesan pertama adalah sporty dan tidak menyilaukan mata. Penggunaan bahan plastik berwarna hitam dan merah berhasil memberi kesan mewah. Bicara soal material interior mobil ini boleh diacung dua jempol. Semua bahan dipastikan lembut dan nyaman untuk disentuh. BMW menyuguhkan dua kursi elektrik untuk bangku pengemudi dan penumpang depan pada varian ini.

Sementara posisi mengemudi sangat ideal untuk pengemudi dengan tinggi badan sekitar 170 cm. Sebab, desain letak dashboard, kemudi dan kursi pengemudi diatur sangat pas dan mencuatkan kesan nyaman untuk pengendaraan. Visibilitas pun tidak terganggu.

Di dashboard tengah tersimpan head unit. Di bawahnya terdapat tombol-tombol pengatur AC digital Dual Climate Control sebagai kelengkapan standar BMW X1 Diesel. Di belakang tuas transmisi tersemat tombol untuk pilihan audio dan lain-lain.

Patut diingat, BMW X1 diesel ditunjang oleh fitur Auto Start Stop untuk menekan konsumsi BBM. Tombol letaknya di bawah tombol-tombol pengatur AC, dan bersebelahan dengan tombol ECO Mode PRO yang mendukung Anda dalam mencapai gaya berkendara sangat efisien.

Saat Auto Start Stop aktif mematikan mesin setelah kendaraan tidak bergerak. Contoh nyata ketika Anda berhenti sebelum lampu merah. Dan ketika pedal rem dilepas, mesin mobil kembali menyala.

Satu fitu menarik dari mobil ini adalah paddle shift. Teknologi cerdas ini relatif membantu Anda yang menginginkan kondisi mesin lebih responsif.

Masih dari dalam kabin. Adanya sunroof memberi nilai lebih mewah pada BMW X1 diesel. Fitur ini menambah daya tarik mobil di saat pemilik BMW X1 diesel bisa menikmati pancaran sinar matahari dari dalam kabin mobil. Sementara Voice Control function cocok untuk anak muda masa kini.

BMW X1

Performa mesin
Interior cukup senyap saat mesin diesel 2.0-liter 4 silinder turbo dengan sokongan teknologi BMW Advanced Diesel dinyalakan. Mesin ini diakui sebagai mesin dengan performa terbaik, halus, beremisi rendah. Klaim BMW, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 184 hp pada 4.000 rpm.

Mesin ini diakui sebagai mesin kapasitas 2.0-liter turbo tersukses dalam sejarah panjang BMW di dunia otomotif. Bahkan banyak pengguna BMW di Indonesia membicarakan betapa iritnya mesin tersebut.

Bagaimana performanya? Mobil123.com langsung menggeser tuas ke DS. Saat pedal gas diinjak setengah, terasa sekali semburan tenaga ke roda-roda belakang yang beradu dengan aspal. Lingkar kemudi menjadi agak berat tanpa mengganggu aktivitas mengemudi. Kehadiran tuas paddle shift di balik lingkar kemudi menambah keseruan saat kami melintasi jalan bebas hambatan Jakarta-Serpong. Wush!

Dalam kecepatan tinggi, suara mesin diesel tidak sampai masuk ke dalam interior. Kondisi ini menegaskan mobil BMW entry-level pun dipikirkan matang-matang soal kenyamanan penumpangnya.

BMW X1

Handling
BMW X1 diesel memiliki redaman suspensi yang cenderung lembut, namun tidak membuat limbung saat bermanuver pada kecepatan 95 kpj. Suspensinyamemuaskan. Pada medan berbatu dan kerikil, suspensi masih menjaga body mobil tetap stabil. Asyik, bukan?

Fitur keselamatan
Untuk sistem keselamatan, mobil crossover ini menghadirkan banyak fitur seperti DTC (Dynamic Traction Control), air bag di depan dan di samping. Pada sistem pengeremannya menampilkan ABS, EBD dan Brake Assist. Hadirnya fitur-fitur ini mempertegas BMW sangat perhatian menjaga keselamatan seluruh penghuni kabin mobil-mobilnya.

 

Kesimpulan
BMW menyuguhkan kendaraan kuat untuk disodorkan ke tengah masyarakat. Dalam kesempatan uji coba ini boleh kami simpulkan jika BMW X1 diesel boleh dijadikan salah satu kandidat mobil baru Anda di segmen crossover. Apalagi dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Di Indonesia, mobil ini dijual Rp 689 juta (off-the-road). [ADV]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang