Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Beli Mobil Baru? Lakukan Langkah-langkah Berikut

Panduan Pembeli

Beli Mobil Baru? Lakukan Langkah-langkah Berikut

JAKARTA – Setelah membeli mobil baru dan menikmatinya, Anda harus mengetahui beberapa poin penting agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

Setelah mobil baru impian sudah berada di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena jangan langsung keenakan menginjak pedal gas saja, simak dulu  beberapa berikut ini.

  1. Pelajari dan pahami garansi mobil. Meski baru, tidak semua bagian mobil mendapat garansi. Umumnya, mesin memiliki garansi 3 tahun atau 100.000 km tergantung mana yang lebih dahulu tercapai. Sementara untuk aki dan beberapa part lain biasanya memiliki garansi yang lebih cepat.
  2. Pastikan untuk melakukan service secara rutin sesuai jadwal. Umumnya 1.000 km pertama, konsumen harus memeriksakan kendaraan untuk memastikan kondisi mobil. Service selanjutnya dilakukan 10.000 km dan kelipatannya.
  3. Gunakan jenis oli mesin yang sesuai kebutuhan. Masing-masing mesin memerlukan oli yang berbeda-beda, untuk itu sebaiknya gunakan oli sesuai dengan rekomendasi produsen. Sebagai tambahan, umumnya penggantian oli hanya perlu dilakukan bila mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Jadi bila mekanik ingin mengganti oli, maka Anda bisa menolaknya.
  4. Tak hanya oli, pastikan juga Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi dari produsen mobil. Biasanya, produsen mobil menyarankan untuk menggunakan BBM ron 92 ke atas. Bila terjadi kerusakan karena penggunaan BBM di bawah ron 92, maka garansi dapat hangus.
  5. Periksa kembali tekanan ban apakah sudah sesuai atau belum. Tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan nitrogen. Fungsinya adalah untuk membuat ban mobil memiliki suhu yang stabil sehingga usia pakai ban diharapkan dapat lebih panjang.
  6. Pelajari asuransi yang digunakan. Kejadian apa yang ditanggung dan tidak ditanggung. Perhatikan pula biaya tanggungan sendiri per kejadian. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang