Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All-new Nissan Serena Usung Teknologi Bergerak Otonom

Berita Otomotif

All-new Nissan Serena Usung Teknologi Bergerak Otonom

YOKOHAMA – Nissan mengumumkan bahwa all-new new Nissan Serena akan dilengkapi dengan teknologi ProPILOT. Teknologi ini berfungsi untuk menjadikan mobil bergerak secara otonom di jalan bebas hambatan.

Dengan fitur ProPILOT ini maka Nissan menjadi produsen mobil pertama dalam mengenalkan kombinasi dari kemudi, gas dan pengereman yang dapat dioperasikan dalam mode otomatis. Fitur ini diharapkan mampu mengurangi beban kerja pengemudi di jalan bebas hambatan dan kemacetan panjang.

ProPILOT dapat diaktifkan dengan mudah. Pengemudi cukup menekan sebuah tombol pada roda kemudi, untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ini.

Dengan menggunakan teknologi pengolahan gambar, ProPILOT dapat memahami situasi jalan dan lalu lintas serta melakukan kemudi dengan tepat dan memungkinkan kendaraan untuk berjalan secara normal.

Gas, rem dan kemudi dikendalikan berdasarkan informasi yang didapatkan melalui kamera mono. Kamera tersebut telah terkoneksi dengan software pengolahan gambar. Kamera ProPILOT dapat dengan cepat mengenal kendaraan lain serta jalur jalan secara 3 dimensi.

Setelah diaktifkan, ProPILOT dengan otomatis akan mengontrol jarak aman antarkendaraan berdasarkan kecepatan yang telah diatur oleh pengemudi (antara 30 km/jam – 100km/jam). Sistem ini akan menjaga mobil agar tetap berada di jalur dengan membaca marka jalan dan mengontrol kemudi termasuk saat mobil melewati tikungan.

ProPILOT akan secara otomatis mengaktifkan rem hingga kendaraan berhenti sepenuhnya. Setelah berhenti, kendaraan akan tetap berhenti meski kaki pengemudi sudah tidak di pedal rem. Ketika siap melanjutkan perjalanan, ProPILOT baru akan aktif kembali ketika pengemudi menyentuh tombol lagi atau menekan pedal gas.

ProPILOT akan dikenalkan ke kendaraan-kendaraan lain, termasuk Qashqai di Eropa pada tahun 2017. Teknologi ini rencananya juga akan dihadirkan untuk pasar Amerika Serikat dan Cina. Sementara untuk teknologi mobil otonom dengan kemampuan pindah lajur secara otomatis akan hadir pada tahun 2018. Teknologi mobil otonom yang mampu mengemudi di jalan perkotaan dan di persimpangan rencananya akan diluncurkan tahun 2020. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang